Tuesday, June 10, 2014

Crochet

Halo minna, genki!?

Semingguan ini Keka lagi getol belajar crochet. Itu lho... merajut pake jarum hook. Sebelas dua belas sih sama knitting, beda di tekhnik aja kali ya...

Awalnya pengen belajar knitting, tapi di tempat Keka gak ada yang jual jarumnya. Saking niatnya, sampe nyari tusuk sate, eh gak nemu, ujung-ujungnya belajar pake pensil yang diraut. Iya. Rada absurd. Udah gitu pake benang wool yang tipis dan nyerabut. Cocok deh. Gagal maksimal.

Keka tetap keukeuh, kalo baru tahap belajar ogah beli peralatan dan bahan mahal-mahal.
Iya. Jarum knit itu lumayan mahal karena lazimnnya import. Padahal kalo diliat-liat, bentuknya simple banget. Masa ya gak ada pabrik dalam negeri yang mau memproduksi!? Benang yang sering Keka lihat diperedaran dalam kota pun mentoknya cuman benang (kayaknya) katun ukuran di bawahnya medium atau wool yang dulu biasa Keka pake nyulam.

Akhirnya setelah keliling-keliling toko peralatan menjahit, dapetnya cuman jarum hook (itu pun ukuran kecil), yaudah deh Keka belajar crochet aja. Berhubung pas 'balita', Keka udah belajar dasarnya, jadi belajar untuk ngembanginnya pun gak terlalu mengalami kesulitan.

Belajar sama siapa?

Banyak gurunya. Orang bule semua. Jago-jago. Sekalian belajar listening juga Keka mah :D
Bersyukur banget pada akhirnya Keka hidup di jaman ini, dimana orang-orang dari segala penjuru dunia senang berbagi pengetahuan melalui internet terutama Youtube :D

Sayangnya hasil rajutan Keka gak sesuai seperti yang Keka harepin. Bukan karena salah tekhnik, tapi karena jarum dan benang yang Keka pake gak sepantaran sama jarum dan benang yang dipake sama orang yang ngasih tutor. Ujung-ujungnya Keka improvisasi aja deh. Kalo tutornya ngasi wejangan bikin 5 baris crochet dengan tekhnik yang sama, untuk menyamakan ukuran lebar, Keka mungkin bisa buat sampe 8 baris atau lebih.

Pokoknya dibawa fun aja merajutnya, kalo terlalu serius tar malah stress sendiri. Hihi...

Dua dari beberapa hasil rajutan Keka yang udah kelar:


0 comments:

Post a Comment