Saturday, September 13, 2014

Pumpkin Cake (Bolu Labu)

Minna...

Barusan bikin ini untuk sekedar menemani segelas teh anget. Pas buka kulkas, nemu labu kuning nganggur. Pengen direbus gitu aja kok gak sipp, pengen dibikin es krim kok krimnya gak punya, pengen dibikin kue lumpur kok lagi ogah makan kue basah. Ya udahlah gugling resep bolu labu sederhana.

Ada yang disteam, ada yang dipanggang. Pengen yang disteam, tapi bahannya lebih ribet. Ini ceritanya gak mau keluar duit, jadi pake bahan-bahan yang ada di kulkas aja. Sumber resepnya, Keka lupa nemu dimana soalnya tadi gugling lewat hengpong. Karena bahannya dikit dan cara buatnya simpel, ya udah langsung tutup browsernya dan praktek.

Ada bahan yang Keka tambahkan dan ubah karena ngikutin apa yang ada di kulkas aja.


Silahkan buat jika tertarik. Oya, bahannya Keka kira-kira aja. Gak punya timbangan. Di sini Keka cantumin sesuai resep aslinya.

Bahan:
- 125 gr labu kuning (kukus, haluskan)
Keka pakai seiris, kira-kira cukuplah buat campuran sayur bening bayam seikat.

- 2 butir telur
- 75 gr tepung terigu (Keka pakai sekitar 5 sdm)
- 75 gr gula pasir (kira-kira 5 sdm juga)
- 1 sdm margarin dilelehkan (gak punya margarin, Keka ganti butter)
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt baking powder (di resepnya pake emulsifier/TBM/ SP atau bisa juga ovalet kayaknya, tapi lagi gak punya)
- 1 sdm madu (ini Keka iseng aja)

Cara membuat:
- Kocok telur, gula, baking powder, madu sekalian aja. Sampai putih dan mengental.
- Tambahkan margarin (butter) yang telah dilelahkan (jangan sampai meletup-letup kayak minyak panas, cukup meleleh aja), masukin vanilinya sekalian. Kocak sebentar lagi, kemudian...
- Campur labu halus (biar tercampur rata dan benar-benar jadi halus, masih Keka kocok sih pelan-pelan). Tambahkan tepung. Cukup diaduk sampai tercampur rata dan pastikan gak ada yang menggumpal.
- Tuang ke loyang yang sudah dilapisi kertas roti beroles margarin. Karena gak punya kertas roti, loyangnya Keka olesin butter aja dan ciprat-cipratin tepung dikit. Untung bolunya gak lengket di loyang.
- Panggang deh sekitar 30 menit atau lebih.


Bolu labu sederhana Keka sukses. Gak gosong dan matang sempurna. Gak bantat meski tipis karena loyangnya kebesaran sedangkan ini resep untuk ukuran loyang yang kecil. Manisnya juga pas-pas aja, Madunya gak terasa sih. Lain kali mungkin dicoba 2 sdm dan gulanya dikurangin.

Selamat mencoba buat yang pengen nyoba. Lain waktu Keka mau share resep olahan labu lainnya karena labu itu enak rasanya :3

0 comments:

Post a Comment