Friday, August 29, 2014

JLBK & Problem Kulit

Jerawat lama bersemi kembali.
Pernah gak ngalamin hal nyebelin kayak gini?

Jadi suatu ketika kalian punya sebijik aja jerawat, gausah banyak-banyak. Tapi ukurannya abnormal. Semlehoy ngegemesin gitu deh. Lazimnya pasti kalian obatin dan gak berani megang-megang, takutnya si doi malah makin sensi. Cewek semok aja kalo sering diliatin bisa sensi, apalagi jerawat semok cobak! Kalian pegang-pegang pulak, bisa-bisa doi ngamuk dan meradang.


Keka gitu, kalo punya jerawat yang kayaknya kok gak bisa digini-gituin, mending Keka diemin aja. Diobatin dengan hati-hati dan berusaha untuk gak musingin (walaupun pada akhirnya tetap pusing). Soalnya udah banyak kejadian buruk yang terjadi akibat ngerecokin jerawat yang sedang dalam fase cabe-cabean.

Nahanin gak mencet jerawat itu rasanya lebih berat daripada nahanin gak makan banyak pas menjalani dayet ketat. Itu Keka sih.

Rasanya puas gitu kalo bisa mencet jerawat dan jeroan jerawatnya keluar. Tinggal olesin obat, besok sembuh deh (kadang). Tapi bekasnya berabad-abad gak mau minggat juga. Kapok.

Ada 2 kemungkinan yang terjadi setelah kita memencet jerawat:
1. Isi jerawatnya keluar, besoknya sembuh, kering, tapi meninggalkan bekas. Syukur-syukur kalo bekasnya bisa hilang dalam sebulan dua bulan.
2. Isi jerawatnya kekeuh gak mau keluar (mungkin emang tipe jerawat yang gak ada cairannya alias jerawat kepala batu), besoknya meradang, sembuhnya lebih lama, dan bekasnya makin gak karu-karuan.

Tapi kalo gak dipencet-pencet, si jerawat pasti sembuh sendiri. Waktunya bervariasi tergantung kondisi kulit dan perawatannya.

Cuman ya itu... ada 2 kemungkinan juga:
1. Jerawat sembuh tuntas. Kempes atau bisa pecah sendiri ngeluarin isinya (kalo memang ada isinya) dan hilang sama sekali (jarang kejadian sama Keka).
2. Jerawat sembuh sementara. Biasa sih dia ngempes aja. Masih ninggalin bekas, dan sewaktu-waktu bisa tumbuh meradang lagi. Mungkin karena dipicu faktor eksternal (seperti polusi, radikal bebas, make-up dll) dan internal (seperti hormon, stress dan sejenisnya).

Naini nih...
Keka sedang mengalami yang nomer 2. Si jerawat sembuh sementara. Ngempes doank buok. Kira-kira 2 bulan kemudian, dia tumbuh lagi dengan gagahnya. Makin sangar. Senggol dikit, kena bacok pokoknya.

Ini foto sekitar pertengahan Juni 2014.



Lihat noh yang di samping idung, udah hampir nyamain gedenya si idung yang gede. Padahal itu fotonya udah dipakein filter super maksimal. Cream magic skin 360!! Nyahahaha...

Lalu ini foto tadi pagi (2014. 08.29)


No filter yey..

Itu masih gak semerah sekarang. Malam ini pas Keka bangun tidur (ketiduran), si jerawat ngasih sensasi senut-senut. Padahal gak dipegang, jarang-jarang sih kayak gini. Dan dilihat dari sudut manapun, si jerawat nampaknya gak ada punya mata atau isi. Merah meradang gitu doang. Jadi gak berani megang. Ngolesin obatnya aja hati-hati.

Btw, Keka pake Acnes Mentholatum Sealing Jel aja buat ngobatin. Masker mukanya DIY. Madu sama kayu manis. Gantian sih sama masker beli. Maskernya Acnes Mentholatum juga sama masker lumpur Ovale yang sachetan khusus buat kulit jerawat.

Sekalian curhat problem kulit.
Beberapa kali blogwalking, Keka sering nemu kasus si blogger ini dan itu dulunya punya kulit berminyak, sekarang kulitnya jadi kering dan cenderung sensitif.

Yang terlintas pertama kali....

Ehee... bisa gitu ya ternyata....

Itu sebelum Keka ngalamin sendiri.
Akhirnya Keka sempat ngalamin keadaan dimana kulit berminyak jadi kering. Untung gak berkepanjangan.

Sempat iri sama orang yang kulitnya kering, tapi ternyata...

Sama-sama ngenes kk.

Kulit kering itu kalo ditemplokin bedak (bedak doang), jadi kayak apa ya... flaky flaky gitu... gak nempel, malah kayak sarang laba-laba... susah Keka ngedeskripsiinnya. Dipakein foundie atau bebe krim juga gak bisa alus. Pokoknya gak oke lah.

Nah kalo kulit berminyak, kata wowo Keka, kalo dempulnya ketebelan, begitu minyaknya keluar jadinya kayak lumpur lapindo :))
Makanya dia suka muka Keka yang polos tanpa dempul.

Sumpah, tega banget dia ngatain muka Keka lumpuran. Tapi emang iya sih. Lihat noh foto di atas. Itu padahal gak didempul. Cuma pake bedak tabur tipis. Glowing-nya kebangetan ya :D

Sampe sekarang Keka masih belum dapat skin care yang sehati, tapi gak mau keseringan ganti-ganti. Asalkan gak menimbulkan alergi dan memperparah keadaan kulit saat ini, ya Keka pake aja. Repurchase lagi kalo abis. Sapatau efeknya baru terlihat setelah pemakaian jangka panjang. Skincare Keka juga simple. Pembersih, toner, pelembab.

Keka ngarep pori-pori yang besar saat ini bisa mengecil, sukur-sukur bisa alus. Malu juga rasanya punya kulit muka kayak kulit jeruk purut untung orangnya cantik. Bencinya lagi, kalo pake bedak atau didempul bebe krim, lamaan dikit, krimnya pada numpuk di pori. Gak banget ngeliatnya.

Ada saran mungkin?

Boleh banget di-share ;)

2 comments:

LastHeavenOnMine said...

konnichiwa kak ...
aku juga punya masalah yan sama, jerawat yang gede mentereng di muka,,, sakitnya itu lama banget nahannya hahahaha..
tapi kemaren aku coba pake la tulipe acne lotion yang botol...sebelum-sebelumnya smpet stress gitu soalnya numbuh pas di tengah-tengah alis kebawah dikit ( kalo diliat kayak piercingnya hitsugi nightmare) hehehe...
isinya cairan putih yang baunya mirip blerang (sulfur mungkin) dipakenya tiap malem mau tidur... skitar 3 harian jerawat bakal kempes dan kering kak...
aku recomended ini...

Kyrie Keka said...

Aku pernah nyoba punya temen tuh. Kalo dipake apalagi pas jerawatnya luka, rasanya nyelekit2. Mana baunya gak enak. Pernah nyoba juga yang sejenis tapi punyanya Sariayu. Iya lekas kering, tapi kulit juga jadi kusam dan komedoan. Makin stres pokoknya XD

Post a Comment