Sunday, September 1, 2013

Anime Yang Telah & Sedang Keka Saksikan (2013)

Gak terlalu banyak, tapi kali aja bisa nambahin list tontonan anime kalian.
Cekibrot~

Shingeki no Kyojin ~ Attack on Titan

Pic source
Gak pake banyak cingcong, sejak musim semi kemarin, anime ini emang langsung ngehits. Diangkat dari manga dengan judul yang sama, buah pikir dan karya tangan dari Mangaka Hajime Isayama ini memang sangat menarik untuk diikuti. Well, ide cerita sebenarnya sederhana menurut Keka.
Tentang manusia-manusia yang hidup di balik tembok raksasa untuk melindungi diri mereka dari serangan para Titan yang suka memangsa manusia. Titan sendiri adalah mahkluk berukuran raksasa dengan tinggi sekitar 3 hingga 60 meter dan sebagian besar memiliki tingkat intelektual yang rendah.

Yang membuat anime ini menarik buat Keka adalah sisi emosionalnya dan ketegangan saat menyaksikan bagaimana Eren (Ellen - tokoh utama) dan kawan-kawannya menghadapi para Titan yang gak sedikit jumlahnya. Misteri tentang Titan (terutama Colosal Titan yang paling besar) dan manusia yang bisa berubah menjadi Titan, juga kemana perginya ayah Eren? adalah sekian alasan mengapa Keka selalu penasaran menyaksikan episode demi episode anime ini. Sayang... kadang dialog antar tokoh yang terlalu panjang membuat Keka agak jengah juga sih nontonnya.


Suisei no Gargantia (Gargantia on the Verdurous Planet)

Pic source
Yup! Ini anime mecha. Keka suka lihat mecha-mecha yang keren (sangat ingin pergi ke Jepang untuk foto sama Gundam atau mecha apapun jika sedang dipamerkan mentereng dengan ukuran aslinya), tapi kalau untuk menonton animenya, Keka lebih memilih untuk enggak. Karena ceritanya seringkali rumit dengan banyak tokoh, membuat Keka bingung dan mumet duluan.

Gargantia sedikit anime mecha yang Keka suka. Jumlah episode yang gak banyak (1 musim, 13 episode, 1 OVA) dan pemusatan cerita hanya pada beberapa tokoh saja, membuat Keka bisa enjoy menikmati anime ini tanpa perlu berpikir keras :D

Anime ini mengambil setting jauh di masa depan. Menceritakan tentang Ledo, seorang letnan muda dari pasukan Galactic Alliance of Humankind yang bertugas untuk membasmi spesies berbahaya bernama "Hideauze". Keberadaan spesies ini diyakini dapat membahayakan kelangsungan hidup umat manusia di jagat raya. Setelah pasukan aliansi mengalami kegagalan dalam menghancurkan Hideauze, Ledo kehilangan kesadaran dan terlempar jauh bersama Machine Calibers-nya yang bernama "K6821 Chamber (Chamber)". Setelah sadar dari hibernasinya selama 6 bulan, Ledo menyadari dirinya dan Chamber berada di sebuah tempat dengan tekhnologi yang masih primitif. Setelah mencari tahu, ia pun tercengang karena ternyata ia berada di sebuah planet yang datarannya berupa lautan luas, kaya oksigen serta sumber daya alam. Planet itu bernama Bumi, planet asal muasal manusia yang keberadaannya hanya dianggap sebagai mitos.

Keka suka idenya. Agak lain dari biasanya. Kalau biasanya Bumi diramalkan atau dikisahkan jauh di masa depan mengalami pemanasan global, gersang dengan pemukiman yang padat, dan sejenisnya... nah di anime ini, Bumi dikisahkan menjadi planet es karena aktivitas matahari yang kian meredup. Manusia memilih untuk meninggalkan Bumi dan sebagian berevolusi, namun ternyata ada yang masih menetap hingga akhirnya matahari kembali normal dan es mulai mencair. Bumi dipenuhi air, daratan tenggelam, dan manusia hidup dalam armada-armada kapal yang saling terhubung satu sama lain hingga menjadi sebuah armada yang besar.

Gargantia sendiri adalah nama sebuah armada yang cukup besar, tempat dimana Ledo menghabiskan hari-harinya untuk belajar banyak hal tentang kehidupan manusia di Bumi dan pada akhirnya mengetahui sejarah tentang apa sebenarnya Hideauze itu.

Ending animenya kurang membuat Keka puas. Mungkin karena itu ada 1 episode versi OVA (Original Video Animation)-nya, yang hingga saat ini belum Keka tonton.

Anime ini memiliki visual yang bagus dengan warna-warna yang cantik, membuat Keka betah menonton. Meski episode-episode pertengahan agak datar seperti drama kehidupan aja dan bikin Keka mengira kalau sampai akhir episode gak ada perang-perangan ala mecha yang biasanya superrr itu <~ hobi nonton anime mecha kalau sudah mulai perang doang. Tapi ternyata ada juga. Yokatta... :D


Hataraku Maou-sama

Pic source
Anime ini sudah Keka tulis lumayan panjang lebar di postingan yang onoh. Baca ajah di sana yak.


Danganronpa: Kibō no Gakuen to Zetsubō no Kōkōsei

Pic source
Anime yang diangkat dari game. Hayo hayo yang suka cerita tentang pembunuhan (tebak pelaku), misteri, psikologikal, dan sejenis-jenis itu... anime ini sangat cocok untuk kalian. Meski temanya terkesan berat, namun gaya penceritaan animenya ringan, tokoh yang disinyalir sebagai si antagonis digambarkan unyu sekalih, adegan yang seharusnya sadis dan bisa bikin mual, digambarkan dengan gaya kartun. Bahkan darah yang seharusnya merah tua mengkilat pekat diubah warnanya menjadi warna awewe girly, pink!

Ceritanya tentang 15 anak super yang terpilih masuk ke Kibōgamine Gakuen (Hope's Peak Academy), konon ini merupakan sekolah yang super super elit gitu deh, jadi yang terpilih masuk ke sekolah ini adalah memang anak-anak yang super di bidangnya. Tersebut anak bernama Makoto Naegi yang tidak super dalam bidang apapun kecuali super 'lucky' aja karena bisa terpilih masuk sekolah ini. Saat menginjakkan kaki pertama di Kibogamine Gakuen, Naegi kehilangan kesadaran dan saat tersadar sudah berada di dalam gedung sekolah dimana sudah berkumpul 14 siswa super lainnya.

Tidak lama setelah ke-15 siswa berkumpul, muncullah kepala sekolah akademi ini yang berbentuk boneka beruang (remote-controlled) bernama Monokuma. Kepala sekolah yang unyu namun juga sadis ini memberi pengumuman bahwa selamanya mengurung ke-15 siswa ini di dalam sekolah hingga akhir hayat mereka. Satu-satunya cara untuk bisa lulus atau keluar dari akademi itu adalah dengan membunuh temannya yang lain TANPA KETAHUAN (kejahatan sempurna). Jadi dengan kata lain, dibunuh atau membunuh.

Ini bukan cerita tentang bunuh-bunuhan sadis tanpa terkendali hingga menyisakan 1 survivor seperti di film dan manga Battle Royale. Namun tentang bagaimana pelakunya mensetting kejahatan (dalam hal ini pembunuhan) yang sempurna, dan bagaimana murid-murid lainnya memecahkan misteri pembunuhan yang terjadi serta mengetahui dalang di balik ini semua.

Jika satu (atau lebih) pembunuhan terjadi dan korban telah ditemukan, maka Monokuma akan mengumumkan kalau dalam beberapa waktu ke depan akan diadakan pengadilan kelas yang menentukan siapa yang bersalah. Siswa-siswi akan melakukan penyelidikan dalam waktu terbatas hingga waktu pengadilan kelas tiba. Dalam pengadilan kelas, mereka akan saling mengemukakan fakta-fakta yang ditemukan dan melakukan debat hingga tiba waktu voting untuk menentukan siapa yang bersalah. Voting yang terbanyak akan menentukan siapa yang tertuduh. Jika yang tertuduh memang bersalah, maka si tertuduh akan dieksekusi. Jika ternyata tidak bersalah, maka semua siswa akan dieksekusi dan meninggalkan 1 orang saja (si pelaku kejahatan) sebagai siswa yang layak untuk lulus dan bebas dari Kibogamine Gakuen.

Keka eksaitit nonton anime ini karena suka dengan temanya. Desain karakternya juga unik-unik dengan segala keunikan pribadi mereka. Misterinya juga lumayan, walau gak banyak trik-trik pembunuhan seperti di anime-anime atau manga detektif seperti Conan dan sejenisnya, tapi anime ini tetap menarik untuk disimak. ;)

**

Selain anime-anime di atas yang jumlahnya sedikit ntuh, Keka masih setia nonton Gintama series. Anime yang banyak parodinya ini kabarnya sudah memasuki penayangan terakhir (atau mungkin sudah tamat saat Keka ngetik postingan ini). Saat ini Keka baru nonton sampe episode 90an. Selain anime itu, Keka juga nonton anime dari manga yang Keka suka yaitu School Rumble. Karena anime ini udah tamat beberapa tahun yang lalu jadi ya gak Keka masukin list.

Kalo ada anime baru yang Keka tonton tahun 2013 ini, akan Keka update lagi dimari.

Yup! babaii...

3 comments:

Mira said...

Aku juga nonton SnK... sekarang udh sampe eps 21 kan yah? :3

Kayaknya anime Danganronpa seruu, masupin list donlot ah xD

Unknown said...

aku cuman baca komiknya SnK wkwkw, anyway ketemu lagi sebagai 'blogger' XDD


novalenchii.blogspot.com

Kyrie Keka said...

@Mira: hu um udah sampe 21, tp Keka baru nonton sampe 20 ^^
@Nova: haha..udah dipolbek yak ;)

Post a Comment