Friday, October 10, 2014

Crochet: Hook & Benang

Hellow minna,

Karena blog ini back to basic pake embel-embel Blogspot lagi, Keka kehilangan banyak sekali pengunjung.
Kasihan sekali mereka yang niat ke kyriekadotcom, malah masuk ke halaman zonk. Pasti jumlahnya lebih dari sejuta dua juta orang <= dia sedang kepedean.

Sebelumnya, pengunjung blog kacrut ini perhari bisa lebih dari ratusan ribu, sekarang cuman beberapa puluhan ribu aja :v

Malah pernah beberapa hari gak ada yang ngedemek-demek ini blog *ngenes*
Tapi gak papa, kesalahan memang terjadi karena Keka yang gak konsisten ngeblog dan sengaja gak perpanjang domain tapi ujung-ujungnya malah nyalahin si pacar. Lagian nyadar diri juga Keka mah, di luaran sana masih banyak blog yang lebih berguna, yang lebih pantes di pelototin lama-lama. Keka malah iba kalo kalian sampai terperangkap berlama-lama di blog nista ini. Hihi..

Cukup dengan pembukanya, sekarang ngomongin crochet yuk.
Di postingan ini, Keka pernah nulis singkat tentang hobi baru Keka. Merajut atau merenda dengan hook, lazimnya disebut crochet. Beda ya dari knitting. Karena belum pernah belajar knitting, Keka merasa (baru sebatas lihat) knitting itu susyeehh. Tapi mungkin gak segitunya amat.

Sekarang masih belajar crochet aja, itupun belum jago. Cuman bisa single crochet, double crochet, triple crochet, merenda dengan pola-pola simpel dan hal-hal simpel lainnya. Udah bisa sih bikin macem-macem barang siap pakai, tapi segi keindahannya belum ada :D

Di postingan ini, Keka mau membahas hook dan benang apa yang Keka pakai.

Untuk hook, Keka pakai yang lokalan aja. Senemunya Keka di Balikpapan. Umumnya yang banyak dijual adalah hook yang mata kaitnya dua di masing-masing ujungnya. Hook yang kecil merk Rose, harganya 3rban aja di sini. Ukurannya beragam. Keka punya ukuran 1 - 4. Tapi yang Keka suka adalah ukuran 3 - 4. Hook yang 1 - 2, biasanya dipake adek untuk merajut benang dari bahan rayon yang lebih halus dan kecil.

Ini hook favorit Keka.



Yang warna emas itu ukuran 5 - 6. Bahannya lebih berat dan halus. Harganya kalau gak salah, IDR 35k. Keka punya yang lebih besar hook-nya, meskipun ukuran tertulisnya juga 5 - 6. Harganya lebih murah, IDR 20k. Tapi ternyata kurang bagus untuk merajut benang yang lebih rempong. Keka pernah pake buat merajut benang curly, parah deh. Nyangkut-nyangkut. Setelah diteliti, ternyata hook-nya gak alus.

Kemarin nemu lagi di toko perlatan jahit yang lain, ukurannya lebih besar. Tapi Keka lagi hemat bebs. Berat rasanya nahanin duit supaya gak maksa keluar dari dompet. Harganya 30an ribu juga, kenapa sih gak 3rban aja!?!? *dilepak*

Pasti buat merajut benang bulky lebih siip. Cuman ya itu... Keka masih mikir... yang ukuran 6 juga bisa aja kok dipaksa-paksain buat merajut benang bulky. Udahlah, nanti aja :D

Lazimnya, untuk merajut benang bulky, hook yang dipake itu ukuran 8 - 10. Tapi karena Keka mentoknya cuman punya yang ukuran 6, jadi Keka pake itu aja. Gak ada masalah juga ternyata. Cuma hasilnya (mungkin) lebih rapet aja. Lagian jarang-jarang juga Keka pake benang bulky. Paling ya medium.


Oya, sekarang ngomongin benang yang Keka pake ya...

Kalau kalian googling jenis-jenis ukuran benang rajut, pasti yang keluar jenis ukurannya ada banyak. Tapi Keka sih cuman kenal 3 jenis, yaitu: normal, medium, bulky :v

Bodo amat ah ada ukuran fine, super fine, light, bulky, super bulky, de el el. Toh kalo ke toko peralatan jahit, penjaga tokonya gak ngarti juga pas kita tanyain, 'ada benang rajut ukuran light, pak, bu??'

Pokoknya Keka cuman pedoman, kalo orang-orang luar meng-crochet pake hook ukuran 5,5... itu berarti benang yang dipake ya ukuran medium. Kalo di bawah itu, ya berarti ukuran benang normal yang banyak di jual di pasaran tempat tinggal Keka. Kalo di atas itu, ya berarti benangnya bulky.

Perbedaan pake benang normal dan medium bisa dilihat pada gambar ini.


Dikerjakan dengan pola yang sama

Kalau kalian betah ngerjain proyek crochet lama-lama, kalian pake benang yang normal aja. Tapi kalo ngikut tutorial di youtube, sebisa mungkin kalian harus ngikutin mereka pake benang dan hook size apa. Karena kalo gak diikutin, hasilnya jadi gak mirip. Keka sering ngalamin hal kayak gini. Seringnya sih kekecilan. Karena di Balikpapan itu ukuran benang dan hooknya kecil-kecil. Untuk hook gak bisa diakalin, tapi benang sih bisa kalian akalin dengan mendobel benang sehingga memiliki ketebalan yang diinginkan.

Nah kalo untuk jenis bahannya, di pasaran sini yang umumnya di jual adalah katun, polyster, rayon, wool.

Kalo untuk baru belajar, jangan pilih wool yang tipis (hanya terdiri dari 2 pilin benang), pasti susah dan berbulu (serabut) banget. Paling enak justru belajar itu pake benang ukuran medium atau bulky sekalian. Ada bulky jenis acrylic (sejenis bahan benang untuk ambal), di Balikpapan sayangnya gak ada yang jual. Ini enak buat latihan.

Keka aja waktu 'bayi' dulu latihannya pake tali :D


Ini benang (katanya) import dari Jepang.
Bulky dan kayaknya acrylic. Keka iseng beli 3 gulung, karena harganya murah, Keka kira gulungan benangnya kecil.
Gak taunya gede juga. Mungkin panjangnya sekitar 200an meter (tauk juga deh, gak ngukur).


Mikir-mikir pengen dijadikan apa, di kertas gulungannya sih dibilang bisa buat syal, vest, sweater juga. Tapi cuman 3 gulung, mentok cuman jadi syal pendek (nyesel juga cuman beli 3).

Lagian gak kebayang bahan gitu dipake buat badan untuk iklim tropis Balikpapan yang luar biasa panas naudjubilah. Pasti kebakar rasanya dan gatel gak karu-karuan.

Akhirnya dibikin ini deh...


Tas buat notebook :D

Keka buat rapet, dengan single crochet. Takut molor soalnya. Pegangan tasnya kurang meyakinkan. Keka gak yakin mau nenteng notebook pake tas itu. Setelah dicoba ternyata iya... beneran molor :D

Di sini benangnya gak seberapa beragam kayak benang-benang luaran. Kalo mau beli yang import, harganya mahal.

Keka seringnya pake benang jenis katun yang mudah didapat. Di Balikpapan harga pergulungnya 10rban.

Ini benang katun...



Benang katun yang Keka sebut 'normal' biasanya terdiri dari 5 pilin benang. Agak berbulu tapi gak berserabut, cukup dingin, nyerap keringat, kurang halus (kecuali kalo ditulis katun halus), warnanya kurang gonjreng, kadang agak pudar, agak berat, dan gampang kotor juga.

Ini polyster



Biasanya terdiri dari 3 pilin benang. Tapi kalo sudah mecah ujungnya, jadi serabut-serabut gitu dan gak bisa disatuin. Untuk benang polyster, Keka lebih suka pake hook yang agak gedean karena kalo pake yang kecil suka nyangkut. Begitu nyangkut, tampilan benang jadi jelek walaupun benang ini gak berbulu tapi nyerabut begitu mecah. Benangnya lebih gonjreng, keras, kuat, gak nyerap keringat. Cocoknya buat bikin tas dan barang-barang yang gak dipake badan.

Ada juga benang rayon, tapi gak Keka foto. Yang size 'normal' ukurannya terlihat lebih kecil dari benang katun biasa. Bahannya halus, adem, dan ringan. Cocok buat proyek crochet yang dipake badan.

Keka jarang pake rayon karena agak mahal, dan belum nemu yang ukuran medium. Kalo dipake buat bikin sesuatu apalagi yang dipake buat badan, pasti lama kelarnya :D

Nah, segini dulu postingan tentang crochet-nya. Kapan-kapan Keka sambung lagi ;)

0 comments:

Post a Comment