Monday, February 18, 2013

Sajian Lengkap Kuliner Seafood Ala RM. Torani

Moshi mosh... minna-san,
It's time for Kuliner Balikpapan!

Kali ini Keka akan kembali mengajak kalian berwisata kuliner, masih seputaran Kuliner Balikpapan tentu saja. Karena Keka belum beranjak kemana-mana. Masih mendekam manis di kota yang menawarkan banyak pilihan untuk para pencinta kuliner seafood ini. 

Yak. Langsung saja...

Hari Minggu kemarin (2013.02.17) Keka menyempatkan diri bersama Emiru untuk bersantap sore di RM. Torani yang terletak di Jalan Jend. Sudirman (Stalkuda), depan Pengadilan Negeri Balikpapan. Ini bukan kunjungan kali pertama Keka, walaupun sebelum-sebelumnya memang hanya mampir untuk membeli beberapa sajian kuliner yang ditawarkan untuk dibawa pulang. Kali ini memilih untuk makan di tempat dan menikmati atmosfir yang ditawarkan oleh rumah makan tersebut.

Bagi warga Balikpapan, khususnya pecinta kuliner seafood, tentu tidak asing dengan rumah makan Torani ini. Selain tempatnya mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (angkot no. 7), menu-menu seafood yang ditawarkan juga cukup lengkap. Tidak terbatas hanya itu saja, rumah makan Torani juga menawarkan menu lain seperti ayam, sayur mayur, dan sajian ikan sungai.
Menu utama yang ditawarkan adalah Bandeng Tanpa Duri, Kepiting Saos, dan Steamboat. Karena hanya datang berdua, Keka urung memesan Kepiting Saos dan Steamboat. Mungkin lain kali. Tapi Keka memesan menu lain yang mungkin saja bisa kalian jadikan acuan jika berkunjung ke rumah makan ini dan mencicipi sajian kulinernya.

Sebelum membahas kulinernya, Keka akan mengajak kalian memasuki atmosfir rumah makan ini. Tempatnya cukup terbuka dan luas. Cocok untuk kalian yang ingin mengadakan acara-acara spesial yang mengundang banyak relasi, atau sekedar makan besar bersama keluarga, teman, dan kerabat. Terdiri dari kursi-kursi rotan dan ada juga tempat lesehannya. Keka hanya memasuki bagian depan rumah makan ini, dekat meja kasir, dan tidak melihat ke bagian lain. Meja untuk steamboat terpisah dari meja lainnya, dan letaknya agak di dalam. Sayang sekali tempatnya kurang menarik untuk Keka pribadi. Perlu sedikit renovasi agar terlihat lebih menarik. Dan yang agak mengganggu adalah... lalat. Saat masuk juga sedikit tercium bau yang kurang sedap. Mungkin karena Keka memilih duduk dekat tempat penyimpanan ikan-ikan dan aneka bahan hidangan laut, jadi agak tercium bau amis.

Untuk harga, Torani mematok harga yang bersahabat dengan porsi makanan yang relevan. 


Nasi putih per satu orang dihargai IDR 5k, dan kalian bisa mengambil sendiri sebanyak apa nasi yang bisa kalian makan. Untuk Keka sebenarnya ini agak merugikan, karena porsi nasi yang bisa Keka makan itu tidak banyak. Mungkin hanya seperempat dari porsi makan nasi orang dewasa pada umumnya. :D

Selain nasi, kalian juga bisa mengambil sendiri sebanyak apa sambal dan lalapan yang bisa kalian makan.




Keka mengambil sambal agak banyak, karena terlihat sangat menggoda :d

Lalu menu apa saja yang Keka pesan kali ini?

This is it...



Sup Jagung Kepiting
IDR 12k
Supnya tidak kental, cukup bening, dan terasa hambar. Untuk mendapatkan rasa, Keka harus menambahkan banyak sambal dabu-dabu dan kecap asin ke dalam sup ini. Kepitingnya tidak terasa, tapi cukup terasa segar dan jagungnya manis.

Itadakimasuu...




Bandeng Bakar Tanpa Duri (ukuran kecil)
IDR 20k
Meski katanya kecil, tapi nyatanya buat Keka, ukurannya tidak terlalu kecil. Pas untuk dimakan berdua. Sebenarnya Keka tidak terlalu suka ikan bandeng, meski dipresto sekalipun. Karena selain durinya buaanyaaakkk, amisnya juga ampun-ampunan. Tapi Bandeng Bakar Tanpa Duri ini pengecualian. Keka tidak menemukan satu duri pun di Bandeng ini, kecuali di bagian ekor yang rasanya memang gak perlu dimakan, dan sirip. Bau amisnya juga tidak terasa, karena terganti oleh wangi bumbu bakarnya. Bandengnya terasa manis, dan sangat nikmat saat dicocol ke sambal terasi.




Cumi Asam Manis
IDR 35k
Sebagai penggemar saos asam manis dan cumi, menu ini rasanya wajib untuk Keka cicipi. Porsinya besar. Yay. Cuminya besar, dipotong-potong seperti gelang dan digoreng dengan tepung, lalu disiram saos asam manis. Untunglah, cuminya tidak keras seperti karet ban. Mudah digigit, tepung gorengnya kriuk, dan saosnya terasa pas. Pas asamnya, pas manisnya. Love it.

enyakk mbakk'ee..




Pepes Rajungan
IDR 7k / bungkus
Ini menu tambahan khusus permintaan Emiru yang sudah duluan ngiler pengen makan ini, bahkan jauh sebelum menginjakkan kaki di Torani. Harganya mureeehhhh. Meski terlihat kecil (sedikit lebih besar dari lemper), tapi isinya padat. 1 bungkus cukup dimakan dengan 1 piring nasi.


Kepiting rajungannya terlihat hancur menyatu dengan bumbu pepesnya (lihat gambar), tapi sebenarnya ada potongan-potongan besar rajungan di dalamnya (jika kalian beruntung), Keka mendapatkan yang besar-besar, dan saat dimakan rasanya gurih enyaaakkk. Pepes ini cocok untuk kalian yang suka dengan kuliner pedas.

Kesimpulan:
Tempat: standar rumah makan, kurang berkesan. 3 bintang dari 5.
Pelayanan: bagus. Makanan cepat datang dan pelayannya ramah, mau menjelaskan panjang lebar saat Keka bertanya, dan tanggap. 4 bintang dari 5.
Rasa: enak. Keka hanya agak kecewa dengan sup jagung kepitingnya. :D 4 bintang dari 5.
Harga: relevan dengan porsi yang memuaskan. Lebih murah bila memesan menu paket, dan jangan takut bila datang sendirian hanya membawa uang sebesar 50 ribu untuk makan di tempat ini. ^^ 4 bintang dari 5.


Jika kalian warga Balikpapan, tidak ada salahnya mampir ke rumah makan ini untuk mencicipi aneka kuliner yang ditawarkan. Rumah makan ini juga dikenal oleh masyarakat di luar Balikpapan, bahkan pak Bondan 'maknyuss' pernah mampir makan di tempat ini. Banyak promosi-promosi menarik yang ditawarkan oleh rumah makan Torani seperti diskon untuk pemegang kartu kredit tertentu, diskon bagi follower akun twitter-nya, atau diskon bagi siapa saja yang berulang tahun dan meranyakan ulang tahunnya di rumah makan ini. Jadi tidak salah bila Torani menjadi salah satu icon kuliner di Balikpapan dan sebagai satu-satunya pelopor Bandeng Tanpa Duri.

Tulisan ini Keka ikut sertakan dalam Lomba SEO 2013 kerjasama Balikpapan Blogger Community (B!Blogger) dan Rumah Makan Torani (RM Torani).

Wish me luck. Aamiin.

2 comments:

tika said...

mau nyaaakkk :9
yummy :9
I want too :3

Kyrie Keka said...

ayok Thik, klo ke Balikpapan... tar ditraktir dimari :D

Post a Comment