Monday, July 8, 2013

Dorayaki Pertama

Tau dorayaki dong!? Itu tuh kue yang jadi favoritnya Doraemon...
Tau Doraemon dong!?
Kebanyetan klo gak tau robot kucing masa depan yang warnanya biru ntuh.

Jadi dorayaki itu adalah panganan yang bahan dasarnya kurang lebih kayak pancake, cuman ditambahin isi kacang ijo (atau kacang merah bisa juga) yang dihaluskan.

Keka kemarin coba buat, tapi gak terlalu sukses. Karena gak pakai ukuran waktu masuk-masukin bahannya. Agak bantat karena kebanyakan tepung. Tapi habis aja sih... hihi...

Seharusnya begini kan bentuk dorayaki itu...



Tapi punyak Keka bentuknya kayak gini nihhhh....


*nangis*





Udah ya gak usah ngolok...

Itu masalah cetakannya aja kok. Keka ada beli wajan (katanya sih) cetakan dorayaki. Tapi permukaannya datar, gak cekung. Jadi yah... begitu itu hasilnya. Tapi wajan cetakan itu bisa Keka manfaatkan untuk membuat kue-kue yang lain sih. Semacam kue lumpur, bika, pancake, atau pizza mini, dll.

Pada pengen tau dong resep dorayaki? ah, gampang kok. Bahan-bahannya mudah didapat. Nih Keka copas ya resepnya (source: resepbundapintar)


Bahan Kulit : 
- 3 butir telur
- 150 gr gula halus
- ½ sendok teh baking powder
- 180 gr tepung terigu
- 1 sendok makan madu
- Air secukupnya

Bahan Isi : 
- ¼ kg kacang hijau
- Gula secukupnya

Cara Membuat : 
- Semua bahan kulit dicampur menjadi satu, dibuat kental seperti adonan martabak (terang bulan kalo di kota tempat tinggal Keka sebutannya).
- Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan dan di olesi mentega, angkat setelah menguning.
- Untuk isinya kacang hijau direbus dan dibuang airnya, lalu dihaluskan dan dicampur dengan gula. Panaskan di kuali sampai agak mengering.
- Ambil 2 kulit dorayaki yang sudah masak, lalu oleskan salah satunya dengan kacang hijau. Tutup dengan kulit lainnya seperti burger.

Dorayaki siap di nikmati.:3

0 comments:

Post a Comment