Monday, December 17, 2012

Pembeli Itu Raja, eh Ratu, WOYY!!!


Keka kesal tapi udah gak pake banget sih sekarang, oleh salah seorang pedagang pisang di sebuah pasar tradisional kecil di Balikpapan.



Jadi pagi tadi Keka pergi ke pasar untuk membeli satu sisir pisang mauli, bawang merah, dan lain-lain. Gak terlalu banyak yang dibeli, jadi pilih pasar yang dekat. Cukup tahu aja kalo di pasar itu harganya cukup mahal dari kebanyakan pasar, dan kualitas barangnya juga gak sebagus pasar lainnya. Tapi ya daripada ke pasar yang lebih jauh, maka Keka pilih aja pasar itu.


Ada satu kejadian yang bikin Keka cukup dongkol, tapi Keka tahan-tahanin aja. Ceritanya, Keka mau beli pisang mauli. Pesan sponsor, pisangnya harus bagus. Di pasar itu ada dua orang yang jual pisang mauli. Pisang mauli penjual yang satunya kurang bagus, jadi Keka pilih yang menurut Keka paling bagus.

Keka sudah ambil pisangnya, sambil celingak-celinguk nyari yang jual. Keka lihat ada bapak-bapak tidur di situ. Keka sudah keluarin suara, 'permisi pak... beli...' berkali-kali. Tapi gak ada respon. Keka masih celingak-celinguk, nyari kemungkinan ada penjualnya yang lain. Tapi gak ada yang memperhatikan Keka.

Keka teriaklah lagi, 'Beli..beli...beli...!!' biar bapak yang tidur itu bangun. Lamaaaa... tetap gak ada respon. Udah putus asa, mau pindah ke penjual pisang lainnya aja, eh ada ibu-ibu teriak, 'Eh mbak, kalo mau cari penjualnya.. YANG INI PENJUALNYA!!' pasang tampang galak sambil bawa-bawa piso. Apa gak Keka kaget.

Rupanya ibu itu lagi motongin pisang kepok dari tandannya sambil ngobrol sama ibu-ibu lain yang kayaknya mau beli pisang itu atau entahlah, Keka gak tau juga. Pertama sih Keka senyum-senyum aja sambil bilang, 'beli pisangnya bu,' tapi si ibu tetap judes. Bukannya dia ngedatangin Keka (karena jarak kita lumayan jauh), trus ngasi tau harga pisangnya berapa, eh... dia masih asik aja motongin pisangnya. Keka nunggu lama, sambil tetap manggil-manggil ibu itu. Tetap dicuekin.

Udah mau pergi aja rasanya, sambil bilang... 'niat jualan gak sih, bu!?' kata-kata udah di ujung bibir. Tapi sumpah, Keka takut aja ujung pisonya mendarat di perut Keka. Amit-amit jabang bayi. Keka paling takut berinteraksi sama orang-orang dari satu suku tertentu. Dari suaranya yang galak, Keka tahu banget deh sukunya apa. Bukannya mau SARA atau menyamakan semua orang dari sukunya itu pasti begitu... Keka juga kenal banyak orang dari suku itu tapi baik-baik semua. Cuma kalau yang gak Keka kenal sih, Keka jaga omongon banget. Takut :D

Udah dongkol di ubun-ubun, Keka naikkan juga sih nada suara dengan tetap sopan, 'Ibuuuuuu... berapa harga pisangnya?!' sambil ngeluarin dompet. Akhirnya ibu itu nengok juga.

'Sepuluh ribu,'

Ctaaaarrr.. doweeeeerrr...weeerrr..weeerrrr...weeerrrr...

Satu sisir pisang mauli di hargai sepuluh rebooo!!!

Di tempat lain biasanya gak nyampe 5rb satu sisir, bo!!

Keka minta kurangin harganya, sama sekali gak digubris. Seolah-olah, 'kalau mau silahkan, kalau gak mau ya sudah.' Sombong banget.

Udah deh ikhlasin aja. Daripada makin lama. Masih banyak yang lebih penting untuk diurusin daripada berdebat harga pisang.

Keka bukan dongkol harga pisangnya yang mahal. Hanya dongkol, betapa penjualnya itu sama sekali gak menghargai pembelinya. Keka sudah berdiri lama di petak jualannya, memanggil siapapun yang sedianya mau melayani Keka yang seorang pembeli. Mungkin ibu itu udah manggil Keka, tapi Keka mungkin gak dengar. Ya wajar kalo misalnya gak dengar karena ibu itu jauh. Datangin sebentar kek, apa susahnya?! Keka mau beli, bukan mau nyolong. Gak usah pake judes gitu dong mukanya bu.

Kalau kamu baik dan ramah, pasti Keka doakan dalam hati daganganmu laris. Lah kalo udah kayak gini, yang ada Keka dosa karena udah ngarep semoga daganganmu gak laku dan semua pisangmu busuk ulatan. Tadinya Keka juga mau beli bawang merahnya, tapi karena orangnya judes gitu, gak deh...

Keka juga gak mau lagi beli di tempatnya. Mending beli di pasar yang agak jauhan, tapi orangnya ramah. Atau beli di supermarket aja sekalian. Pernah beli harganya cuma 6rb dan pisangnya lebih bagus.

Ah ya sudahlah. Cukup jadi pengalaman aja.

Sebel.


0 comments:

Post a Comment