Thursday, August 28, 2014

Eat Clean

Sedang berniat makan makanan yang sehat.
Istilah bulenya eat clean yak!?
Kan Keka ngefollow si Cassey Ho di Instagram. Gaya hidupnya asik banget kan tuh. Pengen juga punya badan sehat kayak dia. Gak sekedar skinny. Kalau diperhatikan, paha dan bokongnya masih montok, tapi montok karena otot yang terlatih.

Alih-alih tertarik sama workout dia dan bagaimana dia melatih kelenturan tubuhnya dengan filates, Keka malah tertarik dengan apa yang dia makan. Benar-benar bersih, dan warna-warni. Warna-warni yang dihasilkan dari sayur dan buah.


Keka ngebayangin, apa dia gak bosen yak makan gitu tiap hari?!
Tapi akhirnya Keka balik nanya sama diri sendiri, 'emangnya kamu pernah bosen makan ayam dan meat ball hampir tiap hari!?' 

Nah lho,
Lihat ayam goreng, ayam rica, ayam saos, ayam kari, ayam kecap, ayam bakar, dan ayam-ayam lainnya, bosen sih engga, tapi ada perasaan bersalah sama si ayam.

Pas lihat si sapi, eh muncul lagi perasaan bersalah. Entah udah berapa banyak daging rekan-rekan mereka terdahulu yang Keka santap dalam wujud bola daging alias bakso.

Lebih merasa bersalah lagi sama diri sendiri, makanannya gak imbang. Banyakan karbo dan lemaknya. Tapi untung aja Keka gak overweight, cuman punya berat badan sehat, tapi gak ideal :D

Padahal Keka ini pecinta sayur dan buah. Kendala utama hanyalah, Keka masih ikut makan sama orang tua. Apa yang mama masak, itu yang Keka makan. Dan belakangan ini, mama doyannya masak ayam. Katanya sih ayam lagi murah, dan apesnya, mama kalau masak ayam itu enaknya gak karuan. Kecuali kalo dikari, Keka gak begitu antusias karena Keka emang gak seberapa demen masakan kari.

Satu kebiasaan baik Keka yang sekarang, Keka doyannya ngemil buah. Dulu waktu masih ababil, demennya mah nyiki, sekarang gak ada itu yang namanya chiki-chiki. Udah lumayan bertahun-tahun sih begini. Kalau pergi belanja, begitu pulang, cemilan yang ditenteng ya buah. Gak bisa beli yang mahal ya paling enggak beli pepaya, nenas atau yang lagi murah dan musim di tempat Keka sekarang adalah dragon fruit alias buah naga.

Nyemil sayur juga doyan, tapi Keka masih gak bisa nyemil sayur mentah. Masih susah nelen salad sayur, rasanya masih nyangkut di tenggorokan gitu deh. Gak kebayang kalau harus makan gini aja...

Photo by blogilates

Mungkin yang Keka makan cuman sosis sama timunnya :D

Tapi Keka niat pokoknya pengen makan makanan yang sehat. Gak akan melupakan nasi, sesekali tetap ngebakso, dan makan ayam. Tapi ayamnya mungkin cuman direbus atau panggang.

Gak sekedar makan sehat, Keka juga mau ngatur jam makan. Akhir-akhir ini waktu makan sering amburadul. Pagi gak sempat sarapan, makan siang telat, keburu masuk angin sampe muka pucat, dan keseringan makan malam. Sebenarnya makan malam itu gak masalah buat orang yang mau nurunin berat badan, yang jadi masalah hanyalah... apa yang dia makan pas malam-malam... itu.

Keka gak merasa bermasalah sama berat saat ini, terakhir nimbang.. uhuk.. gak pake malu-malu.. uhuk.. ya udah kepala 5. Untung telornya si 5 itu belum mecah jadi angka yang lebih heboh. Masih lima nol koma-komaan gitu lah.

Impian pengen punya berat empat lima ya hanyalah tinggal impian :D
Sempet sih ngerasain empat enem, antara seneng dan engga waktu itu. Seneng karena setelah bertahun-tahun, berat badan Keka yang sebelumnya hampir enem puluh, akhirnya hampir mendekati ideal. Keka merasa kurang fit. Bukan merasa ideal dan langsing, gak juga merasa lebih sehat dan cantik, melainkan merasa lesu, kurus dan kurang fresh karena stres.

Karena itu Keka kalo diajakin dayet suka nolak. Dayet menurut Keka bukan sekedar nurunin berat badan dalam kurun waktu tertentu, melainkan menjaga pola makan tetap sehat dan rajin olahraga setiap saat sepanjang waktu.

Jujur, susah banget jalanin pola makan sehat dan rajin olahraga. Kebanyakan goler-golernya Keka ini mah. Dan nafsu makan Keka ini naik turun. Kalo udah gila-gilaan pengen makan terus, nahanin gak makan itu bikin pedih. Tapi kalo udah gak doyan makan, sehari bisa tahan cuman dengan air putih dan sepotong roti.

Makanya berat Keka sekarang stabil antara 48 - 52. Keka kurang bisa memotivasi diri sendiri untuk punya badan lebih ideal lagi. Takutnya begitu turun drastis karena mati-matian nahanin nafsu makan, eh.. naiknya juga lebih drastis karena merasa udah lebih ideal, jadi makannya gak terkontrol lagi :D

Buat teman-teman yang lagi nurunin berat, semangat ya...
Bukan masalah seberapa banyak turunnya dalam kurun waktu tertentu, tapi yang penting adalah menjaga beratnya tetap stabil dan sehat.

Biasakan lidah untuk mengecap makanan sehat, bukan makanan yang enak. Latih lambung untuk makan gak lebih dari 4 - 5 sendok nasi sekali makan. Banyak bergerak, dan sadar akan kemampuan tubuh. Jangan dipaksakan kalo gak kuat. Keka lebih prefer makan berkali-kali dalam jumlah yang sedikit, banyak bergerak dan minum air putih. Daripada hanya makan sekali, itupun rendah kalori, terus lemes ogah gerak, dan kurang minum air putih. Yup, itu juga sebagai pengingat diri sendiri. Ayo sama-sama hidup sehat mulai hari ini.

;)

0 comments:

Post a Comment