Wednesday, June 24, 2015

Momen Dimana Saya Merasa Tua

Selama ini saya hidup seperti orang yang gak nyadar umur.
Saya bergaul dengan orang-orang yang lebih muda daripada saya dan mereka kebanyakan gak tau umur saya. Mereka anggap saya sepantaran. Dan setelah tau umur saya sih biasanya pada kaget.

Bukan...
Bukan karena wajah saya ini bebi fes. Gak ada bebi bebinya blas kok, meskipun tiga atau empat tahun lalu masih ada yang ngira saya baru lulus SMA atau anak kuliahan semester awal yang nyambi kerja.
Tapi sekarang sih banyakan pada ngira saya cewek umur 20an awal.

Yang membuat saya 'agak muda', mungkin postur saya yang kecil walaupun buncit dan tembem.
Lalu tingkah laku saya yang gak nyadar umur itu, atau bisa jadi juga karena saya belon dikawinin. Atau karena saya jarang gaul sama ibu-ibu. Saya gaulnya lebih banyak sama orang sepantaran atau yang lebih muda dari saya.

Yang lebih muda biasanya panggil saya 'mbak', tapi mereka kadang gak tau kalo saya lebih tua lima sampai enam tahunan lebih dari mereka. Ngiranya mungkin lebih tua setahun dua tahun aja kali ya...

Trus saya juga dandannya suka dimuda-mudain...
Alias gak pake make-up.
Kalo pake make-up pun, saya sukanya yang ringan. Suka make-up berat buat foto-foto doang.

Saya merasa baru lulus SMA kemarin sore. Biar udah lulus sekolah lebih dari sedekade, saya tetap merasa baru kemarin sore saya nunggu angkot pulang sampe kemalaman gara-gara kelas tambahan atau kelayapan bareng teman seangkatan.

Sepertinya saya tipe orang yang susah move on dari umur belasan.

Tapi ada kalanya saya 'dibangunkan' dari tidur akan mimpi sebagai cewek abege. Itulah momen dimana saya disadarkan bahwa saya ternyata udah 'tua'.

Momen-momen itu diantaranya....:

Saat ditanya kapan kawin nikah




Mhihihi... itu orang-orang rese' bukan kepalang deh.
Tapi saya mah ngerti juga perasaan mereka.
Kalo orang-orang di luaran sana yang gak begitu ada sangkut pautnya dengan saya, yang nyuruh kawin nikah sih saya nyante aja jawabnya.
Tapi kalo udah ortu yang ngomong.
Duh, mati kiper deh.
Bingung banget jawabnya.
Seringnya cuman saya jawab...

Doain cepet ya mah... pah...

Cuiik.

Dari lubuk hati saya sih pengennya besok juga udah kawin nikah. Tapi setelah saya pikir-pikir... kayaknya saya pengen cepet-cepet tuh bukan karena keinginan diri sendiri melainkan karena tekanan kiri kanan atas bawah depan belakang deh. Dari sayanya sendiri gak perlu besok lah, cepet amat tong. Lusa deh.. lusa...
Haha...

Serius nih. Saya mah kalo masih harus nunggu lama juga gak masalah. Tapi bukan dalam artian pasrah gitu aja. Usaha tetap ada.
Bukan berarti 'menjajakan' diri kesana-kemari. Lebih dalam artian mempersiapkan diri luar dalam. Memperbaiki akhlak biar bisa jadi istri dan ibu yang sholehah dan meningkatkan kemampuan mengolah finansial salah duanya.

Tapi saya lalu dikejutkan kenyataan...

Umur.

Suka amnesia sama umur sendiri, ya itulah saya.
Bukan berarti saya kalo ditanya umur berapa... dengan sok pede jawabnya enam belas.
Tapi ya saya cuman lupa aja kalo dengan umur segini harusnya saya udah bisa punya anak tiga.

Dikasi tanggung jawab untuk melahirkan dan membesarkan anak sampai sukses dunia akhirat ternyata impian terbesar saya mengalahkan impian-impian saya yang lainnya.

Disitulah saya ingat umur.
Kalo 'ditunda' lagi, mungkin cita-cita terbesar saya itu bisa pupus.

Tapi semuanya tetap saya kembalikan pada Allah SWT. Saya cuma bisa minta dan berusaha, tapi kalau Tuhan saya berkata lain, ya saya yakin itu yang terbaik buat saya.


Melihat anak yang dulu masih ngompol, sekarang udah mau nikah sama pacarnya.

Yaelah. Nikah lagi nikah lagi.

Jadi saya punya sepupu.
Jarang banget ketemu.
Setahun sekali belum tentu ketemu.
Padahal rumah juga gak jauh-jauhan amat.
Kalo lebaran biasa ke rumahnya karena mamanya lebih tua daripada bapak saya.
Tapi kadang ya gak ketemu dia juga.

Umurnya lebih muda dari adek bungsu saya.
Makanya saya kayak nelen jengkol mentah sekulit-kulitnya begitu tau dia udah ngelamar cewenya dan mau nikah abis lebaran.
Perasaan terakhir ketemu dia masih ingusan gitu, tau-tau eh............... *mingkem* ............ya gitulah.

Cerita lainnya,
Pas saya mau pulang ke rumah hari Jumat, ada cowo remaja buru-buru mau ke mesjid sholat Jumat.
Kaget lah saya.

Itu anak cowo yang kecilnya imud banget.
Badannya gendut, pipinya tembem, bibirnya mungil, sekarang sudah.... aaakkkhhhh iyaaa.... udah bisa dikawinin. #plak

Tampang bebinya masih keliatan, makanya saya gak pangling. cuman badannya aja yang belangsing dan lebih tinggi.
Ya ampun.... setiap pulang kerja (waktu masih ngangkot), saya liat tu anak ngedot kesana-kemari sempakan doang. Rasanya baru beberapa bulan yang lalu, tapi ternyata udah melewati masa bertahun-tahun dan disitulah saya merasa TUWAAAKK!!


Lihat orang tua yang dulu muda sekarang jadi tua banget dan yang dulu tua sekarang udah tinggal nama



Ini kurang lebih kayak yang di atas, lama gak ketemu, tau-tau begitu ketemu... mereka jadi beda. Kalo disini kasusnya sih... mereka jadi keliatan tua banget. Seolah-olah mereka udah mau habis kemakan zaman.

Orang tua saya sudah menua, tapi karena saben hari ketemu, perubahan mereka jadi tua gak begitu saya rasakan.
Beda dengan orang-orang yang sangat jarang saya temui, atau malah udah bertahun-tahun gak ketemu.
Lihat mereka penuh uban dan keriput, kadang membuat saya takjub.
Ternyata waktu telah bergulung begitu cepat.
Mungkin mereka juga merasakan hal yang sama saat melihat saya.
Dulu di mata mereka, saya ini masih bocah yang udah item, ingusan pulak. Sekarang juga masih item dan ingusan (alergian). Bedanya, sekarang mereka melihat saya seperti melihat mama saya waktu masih hot-hotnya.

Dan pasti ujung-ujungnya nanya...

Udah nikah?

*tepok jidat*

Dan oh ya... mamanya si anu... bapaknya itu... atau mbahnya anu... yang saya kenal waktu kecil dulu, sekarang udah banyak yang bergelar Almarhum/Almarhumah.

Kadang saya merasa sedih.


Melihat talent di TV kebanyakan anak kelahiran tahun 90an akhir

Dan mereka kelihatan besar-besar... gak keremaja-remajaan juga, malah kayak orang dewasa. Seperti artis dua puluh sampe tiga puluh tahunan. Aaaaaaaaaakkhh...

Mungkin mereka kemakan make-up atau tuntutan profesi.
Tapi tetap aja suka shock sendiri.

Ternyata mereka yang menghiasi jagat hiburan saat ini kebanyakan lebih muda sampe 10 tahunan lebih dari saya. Dan yang seumur saya udah banyak yang ekting jadi emak-emak.
Duh.

Saya sebenarnya bukan insan penikmat TV. Tapi pasti tau lah sedikit-sedikit sama talent dalam negeri. Entah dari media seperti TV atau media online.

Saya salah satu fans  atau minimal pengagum lah  ustadzah Oki Setiana Dewi. Udah lama tau kalo mbak Oki lebih muda dari saya. Dulu mah biasa aja. Tapi semakin kesini, saya semakin malu sama umur dan Pencipta umur saya. Mbak Oki makin dewasa, matang dalam berdakwah, sekaligus sebagai pengusaha, juga seorang penulis yang cukup sukses. Sudah nikah dan punya anak pulak (ujung-ujungnya ngomongin nikah lagi..nikah lagi). Lah saya??????????

*garuk tembok*


Duh. Sebenarnya masih banyak momen yang mengingatkan saya pada umur.
Tapi cukuplah segini aja.
Kalo diterusin bisa-bisa saya makin hilang arah dan tujuan karena kebanyakan mikir 'udah umur segini... umur segini... umur segini..' mulu.

Cukuplah saya ingat umur untuk ingat bahwa masa saya di dunia ini udah mulai menipis. Banyakin ibadah, amal dan doa-doa. Insya Allah ditambah rezeki dan dimudahkan hajatnya. Aamiin.

2 comments:

Eni Lestari said...

kekaaaa~~ aku mengerti perasaanmu. merasa senasib :')))))

Kyrie Keka said...

Salaman Eniiiiiiiii...
Ahai~ jadi malu ini postingan dibaca Eni XD

Post a Comment