Friday, March 22, 2013

J-Movie: X Game (2010)

Film Jepang berdurasi 119 menit yang dirilis pada tanggal 18 September 2010 ini cukup membuat Keka ngilu saat menontonnya. Film dibuka dengan adegan seorang pria paruh baya di sebuah ruang kelas yang ketakutan setelah mengambil dan membaca tulisan di selembar kertas merah dari dalam sebuah box kaleng.

Setting kemudian berpindah ke jalan raya yang padat oleh pejalan kaki, tiba-tiba saja ada sosok yang terjun bebas dari atas gedung.


Sosok itu diketahui adalah seorang pria yang berprofesi sebagai seorang guru sekolah dasar. Tokoh utama dalam film ini yang bernama Hideaki Kokubo (diperankan oleh Hirofumi Araki) adalah mantan murid dari guru tersebut. Ia dan beberapa orang temannya semasa sekolah dasar, menemukan kejanggalan dalam kematian mantan gurunya.

Saat berada di rumah bersama pacarnya, Rikako Myojin (diperankan oleh Ayaka Kikuchi (AKB48)), Hideaki mendapat kiriman berupa kaset video yang memperlihatkan adegan penyiksaan seseorang oleh beberapa orang yang dengan sengaja merekam adegan tersebut.

Singkat cerita Hideaki disekap setelah dibuat tidak sadar saat mengejar seorang wanita misterius yang dilihatnya sebelum kematian gurunya dan ada dalam kaset video yang dikirimkan padanya. Saat sadar, ia sudah berada di sebuah ruang kelas bersama ketiga temannya yang lain.

Sebuah permainan mengerikan dimulai dari sini...

Yup! Film ini berdarah dan bikin kita cukup menahan nafas karena tegang-tegang merinding. Tadinya Keka mikir kalau adegan berdarah dan penyiksaannya akan terus-terusan sadis, tapi enggak juga sih. Lewat dari pertengahan cerita jadi biasa aja dan adegan bunuh-bunuhannya gak begitu diperlihatkan dengan gamblang.

Yang buat Keka mangap hanya saat tokoh utamanya didorong dan akhirnya duduk di sebuah kursi dengan sandaran dan dudukan berpaku. Keka langsung megangin b*kong sendiri. Haduh, kinyis-kinyis rasanya =A=

Film ini dibintangi oleh dua idol AKB48, Ayaka Kikuchi dan Haruka Nakagawa (memerankan tokoh Tomoe 'Chie' Koizhumi, kabarnya Haruka sempat bergabung dengan sister group AKB48 di Indonesia yaitu JKT48), dan dua orang aktor dari actor group D-Boys.

Film ini diangkat dari novel (kalau gak salah ada manganya juga). Pokok masalah ceritanya adalah tentang penganiayaan / bully yang dilakukan oleh beberapa anak terhadap anak yang lain. Kalau dari dorama-dorama dan film Jepang yang sering Keka tonton, kasus bully di sana itu ngeri-ngeri ya... sampai bikin sebagian anak yang dibully memutuskan bunuh diri. Umumnya terjun dari ketinggian. Keka juga gak tahu apa kenyataannya memang demikian ataukah industri hiburan aja yang sengaja melebih-lebihkan. Tapi kayaknya sih memang iya. Bahkan siswa laki-laki aja banyak yang dibully oleh sekumpulan siswa-siswa perempuan.

Kalau menonton film ini awalnya Keka bersimpati terhadap keempat muda-mudi yang menjadi target penganiayaan dalam X Game, tapi melihat apa yang pernah mereka lakukan di masa lalu, Keka jadi gak begitu iba lagi. Walaupun gak terlalu keterlaluan, tapi waktu kecil Keka adalah korban bully. Dan Keka tahu betul bagaimana rasanya ketakutan ketika waktu sekolah tiba. Maklum, badan kecil, penakut, dan pendiam. Sudah berusaha melawan tapi yang dilawan murid-murid cowok yang badannya lebih besar. Bukan cuma dibully, tapi uang sekolah Keka juga hilang. Kemungkinan besar diambil oleh anak-anak yang membully Keka. Untunglah setelah itu Keka dipindahkan ke sekolah lain dan muridnya baik-baik :) #lupakan

Akhir kata Keka beri nilai 3.5 bintang dari 5 untuk film ini. Ide cerita cukup menarik, tapi sampai di pertengahan cerita jadi agak membosankan.

0 comments:

Post a Comment