Wednesday, June 15, 2011

D'espairsRay

Listening: Infection by D'espairsRay [coll:set Album], etc.



1999.09.09.

Keka ingat tanggal segini Keka masih duduk di bangku SMP. Teman-teman sekelas Keka banyak yang gak masuk karena adanya HOAX akan ada bencana besar di tanggal ini. Kiamat bahasa kerennya.

Jauh di seberang sana, sekelompok pemuda memutuskan berdirinya sebuah band yang gak pernah Keka sangka, akan menjadi band yang 'memporak-porandakan hidupnya' dalam kurun waktu beberapa tahun kemudian.

cikal bakal D'espairsRay





D'espairsRay 1st demo - Ao [1999]




Early 2005

Atau akhir 2004 [lupa kapan tepatnya]. Keka pertama kali liat mereka di internet. Waktu itu Keka lagi nyari hal-hal tentang Dir en Grey, dan band-band Visual Kei lain seperti baroque, Du'ele quarts, Pierrot, Gazette, Vidoll, dll.

Visual mereka unik. Kesannya bukan 'cantik' tapi cool. Yang paling membius itu sebenarnya tatapan Hizumi dengan contact lens-nya yang biasanya warna putih dengan hitam kecil seperti pupil di tengah-tengah. Riasan matanya (eye liner-shadow) dibuat hitam tebel sedemikian rupa supaya matanya kelihatan paling jelas dan memikat. Jujur aja, Keka gak pernah merhatiin personil D'espa lainnya selain Hizumi. Bahkan Keka gak tau nama-nama personil lainnya. Keka cuma tau Hizumi, Hizumi, dan Hizumi yang jadi vokalisnya. Keka gak peduli hal lain selain itu. Apalagi Keka ini tipe audio, Keka lebih suka mengumpulkan lagu dan mendengarkan musik mereka daripada mencari tau siapa dan bagaimana mereka.

Lagu mereka yang pertama kali Keka dengar kalo gak salah Garnet dan Yami ni furu kiseki. Langsung meltin' aja gitu, meski saat itu Keka lebih tertarik ngumpulin lagu-lagu Gazette dan band-band VKei lain.


2007: Married with TSUKASA

Sekitar tahun 2007 Keka mulai rajin ikut ngobrol di forum-forum online yang banyak membahas band-band J-Rock Visual Kei. Keka juga mulai rajin baca fanfic, dan percaya gak percaya (walaupun Keka juga sudah pernah nulis ini di jurnal sekitar dua tahunan yang lalu), kalo Keka jadi suka dan penasaran banget dengan drummer D'espa gara-gara sebuah fanfic role play :D

Di fanfic itu Tsukasa digambarkan luar biasa menawan, sampe bikin Keka penasaran dan nanyak-nanyak mbah gugel buat nyari tau gimana tampangnya.

Keka sampe mengok sendiri, bertanya-tanya... kemana aja Keka selama ini...?? rajin denger lagu D'espa tapi gak tau kalo band itu punya drummer yang... eheemm.. ganteng.

Yah memang kalo misalnya cari pic, Keka googling-nya tuh dengan key word 'Hizumi D'espairsRay' doang, dan kalo pun dapet pic lain selain Hizumi, Keka dapetnya pic mas karyu dan ZERO yang naudjubilleh bikin Keka merinding. Sumpah. Ini beneran

Keka dulu bahkan ketuker nyebut ZERO itu karyu, karyu itu ZERO. Dan Keka sering gatel liat rambut ZERO yang extraordinary dan pahanya yang segede gobang (meski Keka gak tau gobang itu segede apa)




ZERO




Keka jadi rajin googling hal-hal berbau Tsukasa, dan mulai mengclaim dia sebagai suami Keka. Setelah sebelumnya men-claim Kai sebagai suami pertama karena Keka lebih dulu jatuh cinta pada senyumannya sebelum jatuh cinta pada senyum minimalis Tsukasa. Dulu Keka mikir, Karyu itu yang leader D'espa karena mas memble tapi kece ini bisa dibilang otaknya D'espa. Dia yang paling banyak bikin lagu buat D'espa.

Tapi kalo liat video-video comment D'espa, kalian akan tahu siapa leader band itu.

Takdir Keka 'mencintai' dua drummer dan dua leader dari dua band berbeda, berujung pada seringnya Keka membuat fanfic Tsukasa VS Kai, yang akhirnya menyeret kedua band mereka jadi fanfic D'espairsRay VS the GazettE. ^^

Dulu Keka suka banget Gazette (gak pake 'the'), tapi gara-gara D'espa, MUCC, dan Kagrra, Keka jadi gak begitu suka mereka. Bukan karena apa, tapi lebih karena Keka merasa keakraban para personil the GazettE kurang terasa seperti di D'espa, MUCC, dan Kagrra,.

Hubungan personil the GazettE itu Keka lihat lebih terasa seperti hubungan profesionalisme kerja, tapi di D'espa, MUCC, dan Kagrra, gak begitu. Yah mungkin ini perasaan Keka aja.

Tapi sebenarnya bisa dilihat dari bagaimana ketiga band itu menjaga band mereka tetap dengan personil yang sama dari awal hingga saat terakhir (kecuali MUCC, sebelum Yukke, bassist MUCC adalah Hiro tapi Hiro jadi bassist sebelum MUCC jadi band pro-mengeluarkan rilisan-). Meski akhirnya Kagrra, dan D'espa bubar.

Keka jengkel dengan insting Keka yang kadang sering tepat. Jauh sebelum dua dari 3 band Jepang favorit Keka itu bubar, Keka pernah nulis kalo suatu hari nanti mereka tidak lagi bekerja dalam satu tim, Keka akan berhenti mendengar lagu-lagu band JRock terutama Visual Kei. Sebenarnya saat itu Keka udah ada bayangan (atau ketakutan) kalo sepertinya mereka akan memutuskan disband suatu hari nanti.

Yah, gak lama setelah itu D'espa memutuskan hiatus. Jujur, sebenarnya Keka lebih shock waktu tahu mereka hiatus karena Hizumi sakit daripada saat sekarang Keka tahu mereka memutuskan bubar dengan alasan yang sama. Kenapa Keka shock? Karena tahun lalu adalah saat dimana D'espa sangat produktif dan sampai pada titik pencapaian terbaik mereka menjadi band major. Mereka rutin setiap tahun tour keliling Eropa bahkan merambah Amerika. Besar harapan Keka kalo suatu hari nanti Keka beneran bisa liat live band suami Keka itu secara langsung. Tapi apa mau dikata...

Keka ihklas kalo pada akhirnya jalan D'espa terhenti hanya sampai di titik ini. Mereka tidak mengecewakan penggemarnya seperti band-band lain yang kebanyakan alasan bubarnya adalah karena perbedaan musikalitas. Meski D'espa sempat membuat Keka kecewa di tengah-tengah karir mereka, saat masa peralihan indie ke major, toh akhirnya mereka tetap dengan akar mereka. Album MONSTERS sama menggetarkan seperti saat pertama kali Keka mendengar coll:set. Keka rindu denger lagu-lagu mereka di jaman indie. Mini-Album ~terrors~ mungkin tetap jadi rilisan D'espa yang paling banyak Keka dengar hingga saat ini.



D'espairsRay after disbanded


Keka gak tau, tapi mungkin ketiga member lain sudah merencanakan membentuk band lain. Keka ngarepnya mereka masih bertiga, dengan Hizumi di belakang mereka tetap mendukung, dan fokus menjalani pengobatannya. Mungkin mereka membubarkan D'espa karena mereka mikir kalo D'espa tanpa Hizumi sebagai vocalist adalah bukan D'espa namanya.

D'espairsRay, Kagrra, dan MUCC itu spesial. Memang Keka kecewa dengan Kagrra, karena Keka gak liat alasan jelas mereka 'mematikan' Kagrra,. Tapi pilihan mereka dengan 'mematikan' dan bukan membubarkan, menurut Keka adalah pilihan baik. Setidaknya mereka tetap menganggap Kagrra, tetap hidup dalam kematian. Walaupun pengertiannya sama aja sih, tapi gimana ya... kata 'kematian' itu memang lebih bisa Keka terima daripada 'bubar' yang kesannya menyakitkan buat Keka.

Hubungan ketiga band itu juga spesial. Akiya (Kagrra,) setau Keka memfavoritkan D'espairsRay dan antusias datang ke konser D'espa saat 10th anniversary. Para personil D'espa dekat dengan personil MUCC. Mungkin karena sering live bareng-bareng.


Tatsurou (kepotong), Hizumi, Karyu, Yukke



Tatsurou, Karyu



D'espairsRay, MUCC, The Underneath di Taste of Chaos 2008




Tatsurou, Hizumi, Zero main bareng


D'espairsRay juga akrab dengan para personil defspiral


Tsukasa - Taka




Masato - Tsukasa


Hizumi dengan para personil band lain. Kalo gak salah ini semacam session band.


L to R: Yuu (Gt. Merry), Yukke (Ba. MUCC), Hizumi, Buchi (ex. Dr. Plastic Tree), Masato (Gt. The Underneath/defspiral)




Hizumi


Dia keliatan garang di panggung, tapi pemalu juga, dan mukanya jadi keliatan kayak anak-anak kalo non make-up dan ketawa geli. Kalo dalam pandangan Keka, dia itu sama seperti Keka. Ceria di luar, tapi menyimpan banyak hal di dalam. Dia simpan kesakitannya sendiri, dan kemungkinan dia juga gak banyak cerita ke orang-orang di sekitarnya tentang apa yang dia rasakan karena menjaga perasaan orang-orang di sekitarnya. Hizumi suka dengan design graphic. Dia lumayan banyak merancang official goods D'espa, dan sekarang merancang dan memproduksi beberapa goods untuk LUV PARADE.


Karyu


Imbisil abis!! Ini orang kayak gak bisa diem. Ada-ada aja tingkahnya. Biar gini-gini, tapi Karyu adalah otak D'espa. Dia paling banyak bikin musik buat D'espa. Kadang dia bikin musik dulu baru setelah itu nyari lirik atau masukin lirik yang cocok buat musiknya. Aneh kan?!


ZERO


Dia paling sering diem kalo diwawancarain sampe dulu rasanya Keka geregetan pengen nyepak jidatnya karena dia gak serame tiga member lainnya. Tapi ternyata dia ini (menurut Keka) yang paling care dengan para fans. Dia ini mahkluk dunia cyber. Di saat teman-temannya yang lain gak (belum) begitu hobi ngeblog, dia saben waktu ngeblog dan membiarkan orang-orang mengomentari apa yang ditulisnya. Isi blognya juga rame banget. Penuh emot lucu. Zero dulu nakutin beneran, tapi sekarang dia jadi member D'espa yang paling digemesin :D


Tsukasa

Eheem, suami Keka satu ini dewasa tapi konyol. Kalo Kai keliatan banget bawel dan hahahehe-nya, Tsukasa justru kebalikan dari itu. Kalo ngomong kesannya cerdas dan keliatan banget aura kepemimpinannya. Tapi sekali ngeluarin tingkah aneh (dan omongan aneh), Tsukasa sukses bikin orang ngakak njengkang. Sampe kambing pun pingsan :D


Dia suka banget menggambar, dan sayang burungnya. Sayang yang putih udah mati waktu ulang tahun Tsukasa kemaren (2011.03.06) :(




Tsukasa dulu dan sekarang :D




Yah, Keka rasa segini cukup. Gak tau lagi mau nulis apa (walaupun rasanya ini juga udah kepanjangan dan gak nyambung karena udah ngelantur kemana-mana :D ).

Dengan disband-nya D'espa ini, band Jepang yang Keka favorite-kan jadi makin dikit.

MUCC, Dir en Grey, NoGoD, Matenrou Opera, lynch., DEATHGAZE, 9Goats Black Out, cocklobin, Girugamesh, Plastic Tree, Versailles, D, SID, amber gris,...dll...

23 comments:

Ogata Hiroki said...

Sebenernya baru denger despa beberapa bulan. Tapi ikut sedih juga denger despa bubar.
Yang sabar ya keka *elus keka

Sachiko カムイ a.k.a アギルムストファ said...

Ky'e tatsurou-niichan tuh temennya dmana2... Bnyk bgt piku niichan sm memba band lain. Akrab & penuh kasih sayang (?)
tp knp dzalim sm yukke y?
*gampar niichan*
*ditendang*

Sachiko カムイ a.k.a アギルムストファ said...

Ngemeng2 itu yg maen bareng... Janggal ==; *sepak niichan*
itu bkn maen bareng deh... Sama2 maen pe es, tp maen sendiri2... Sett dahh...

乃枝 ちゅう said...

Yak
Aku cm bs berterimakasih dan menghargai keputusan mereka
Mungkin emang ini yg terbaik buat mrk
Krn mrk sayang ama hizumi :')

Kalo tentang gajet,
Ak entah knp jg ngerasa hal yg sama kek kamu keka :'(
Smg band ksukaan kita yg laen g ngecewain kita lg y
walopun ak sbnrnya brharap screw cpetan bubar aja,soalnya mrk ud kehilangan akarnya sama sekali,ud bukan screw lagi mnurutku

Kyrie Keka said...

@hirocchi: iya gak papa.. udah gak sedih kok, cuma merasa ada yg hilang ^^

@Agil: oh jelas, Tatsurou itu sama kayak Mizuki dan Karyu.... gampang gaol XD
Kekejaman Tatto ke Yukke itu justru BUKTI cintanya sayangnya dia ke Yukke XD

iya maksudnya main bareng PS pake punyak mrk sendiri2 XD

@Noe: mudahan mrk tetap sering nongkrong bareng, ngerayain ultah bareng (Hizumi-Tsukasa ultahnya deketan), makan bareng dan sering jalan2 bareng kayak pas masih di Despa ya...

Tuh kan... mrk tu klo bareng2, akrabnya gak lepas kayak Mucc, Dd'espa, Kagrra,
Kai aja kadang yg heboh ndiri. Suamiku yg malang...
kadang Keka juga ngarep Kai dapet bandmate yg lbh sesuai dgn dia drpd bandmate-nya di GazettE *digampar*

Iya Noe, Keka jg seneng ScreW yg dulu. Tapi seneng jg dgn keputusan Yuto keluar XD Walopun skrg dia bukan apa-apa, tapi kayaknya dia lbh bahagia. PSC itu rasanya mematikan kebahagiaan artis2 mrk sendiri. Kai sampe murung terus akhir2 ini

Eny-chan Mimegumi said...

Pas tw despa disband aq lgsg inget keka.untg lah gak sdih lg*tepok pundak*aq inget dlu prna dksh fic'y keka yg maen beyblade itu. XDD

Kei Shadriyaa said...

T___T

-sei- camui said...

wkwk..iya aku jg ngerasa gajet itu hu profesional aja, mknya kadang suka sebel...saling jaim satu sm lain. apa itu klo depan kamera aja yaa? ah tp ruki sm uruha jg pernah bilang gt kok, lupa di interview apa.

*malah komen gajet*

*abis ga tau mw komen d'espa apa*
Yaaa.. CEPAT SEMBUH HIZUU!! Kaw ga mau membiarkan aku dimonopoli Uru terus kan?? *digampar*

Kyrie Keka said...

hahaa iya.. Keka jg baru baca lagi fic itu XD

Kyrie Keka said...

cup cup cup...

Kyrie Keka said...

tuh Hizu... dengerin!


wkwkwkk.. iya kan...
gazet noh perlu digoyang gergaji satu2 biar gak jaim2an..
duh kesian Kai... makanya sekarang dia malah yg jadi murung terus... kepikiran.. kayak banyak beban..

-sei- camui said...

Bener tuh!! Kykx aku bakal seneng bgt kl ada gajet chanel, biar ga jaim2 smua lg =w= kebuka semua aibnya!!
Klo Kai...senyumx msi sering muncul ga sh? *ud lama ga liat gajet =A=* Iya, kesian... Eh nee..ap jgn2 krn dy mikirin kontrak dg PSC? Kan cm 10 taun katanya? O.O *bingung*
*malah bahas gajet*


Hizu: Sei bukannya kl aku yg drumah, kesempatan qt b2 akan lebih banyak? How about...Ruki's brother?
Sei: O.O;;

Kyrie Keka said...

klo PSC gak mau ngontrak mereka lagi.. so wat?!! masih banyak management artist yg Keka rasa bersedia nampung mereka. atau buat management artist ndiri dan Keka jadi manager-nya dijamin kacau balau :D

beuh.. bikin dedenya Ruki nih yee...
yg bagus bentuknya ya Hizu.... :D

an99ong ...!! said...

hayaaahh... om tsu random bener.. XDD

iyah, hizu kalo ga mekap keliatan pure bgt... makanya setiap kali dgr dia ngeluarin kebisaan vokalnya,, masih suka amzed sendiri..

-sei- camui said...

I-ini APA MAKSUDNYA?? =A=


Iya jg sh,,,apalagi mrk udh jd tenar sngat gt.
Abisan klo aq ngeliat mrk kyk memuja PSC banget, nurut bgt sm PSC, ya ga sih? *opini pribadi seorang rookie*

@mira
IYAAAA Hizuuu pure bangeeettt <3 *autis*
makanya kmrn smpt bingung anaknya enakan kyk apa xD;;

Kyrie Keka said...

terserah gimana kmu menangkap maksudnya apa Sei *lepas tangan* XD

yah bijimana pun PSC punya andil banyak mempromosikan mrk sih Sei..
klo gazet tetep ngikut Kisaki, mungkin mrk gak setenar sekarang atau malah bubar. soalnya band2 yg ngikut Kisaki alamat gak umur panjang *digorok Kisakong* XD

@Mira: klo gak random bukan suami Keka XDD

dan Jupei tuh jgn kan nyanyi, dia ngomong aja yang denger berasa enak :D

an99ong ...!! said...

pastilah buluan dan suka ngisep darah.. XDD *disepak

an99ong ...!! said...

nyehehehe... jadi pengen nyariin video2 randomnya manusia2 ini! >__<.. yg waktu itu di yutub officialnya dikut bgt sih,, gada sub pula..

-sei- camui said...

liat aja, tar malem gw post xD;;

an99ong ...!! said...

sekarang ajaaaa...gw udah mau pulang.. =__=;;

-sei- camui said...

boloommm... dan masi ada bokap ekeh di belakang xD;;

Tayusani Yuza said...

Kemarin Deluhi, sekarang Despa kenapa sih band VK seneng banget bubar :(

Kyrie Keka said...

tolong ya digarisbawahi...
D'espa bubar bkn krn band VKei kebanyakan
Hizumi sakit dan sakitnya itu membuat dia ga bisa nyanyi dan hrs menjalani pengobatan yg dia sendiri ga tau kpn bisa pulihnya
semua member lain sayang Hizumi, pengen dia gak terbebani dgn semua org yg nunggu kembalinya D'espa
krn itu mrk memutuskan D'espa bubar tanpa melakukan konser final
itu jg krn ga memungkinkan bisa melakukan konser final dgn kondisi Hizumi yg demikian

Post a Comment