Friday, September 7, 2012

Afternoon Shiny on Pondok Kelapo


Assalamualaikum wr wb.... Selamat pagi, pemirsa! (berhubung jurnal ini ditulis pada pagi hari).

Hari ini Keka akan menulis dan berbagi pengalaman seputar kegemaran Keka akan makanan. Jaga-jaga biar kalian gak ileran, sebaiknya ambil tissu dulu gih sonoh.

Restoran atau rumah makan yang 'beruntung' Keka dan kawan-kawan kunjungi adalah sebuah restoran yang banyak menawarkan menu seafood dan terletak di pinggir laut. Bagi warga Balikpapan mungkin sudah tidak asing dengan restoran Pondok Kelapo. Letaknya sebelum sentra jajanan dan tempat nongkrong kawula muda, pantai Melawai, sanaan dikit dari Lap. Merdeka.

Tempatnya sendiri menawarkan meja indoor dan outdoor. Keka pribadi lebih suka yang outdoor karena terkesan lebih santai. Tapi kalau datang malam hari, mungkin enakan di dalam kali ya....? karena pasti tiupan angin laut bisa bikin masuk angin. Berhubung kami datang siang hari, tempat pondokan seperti ini dengan duduk lesehan, pasti lebih terasa comfort.




Dan kita akan disuguhi pemandangan kapal Titanic sedang berlayar dari tempat di atas itu...



Asri banget kan tempatnya...... kimochi.... =A=


Menu yang ditawarkan bermacam-macam. Mulai dari seafood, ayam, daging, sayur-sayuran, dan menu masakan yang sering dimasak mama kamu di rumah.

Kami masing-masing memesan Kepiting Saos Padang, Fuyunghai Seafood, Sapo Tahu, Cumi Bakar, dan terakhir pesanan Keka adalah Capcay Kuah Seafood.

Keka akan review satu-satu.

Kepiting Saos Padang



Rasanya pedaaassssss!! dan cukup asin menurut Keka. Kunyitnya terasa sekali. Mungkin terasa seperti rica rica bukan Rica Selviana. Hmmm.. bukan cita rasa favorit Keka sih karena Keka lebih suka rasa yang pedas-pedas manis dengan saos yang terasa segar.


Sapo Tahu (entah seafood atau apa... maap lupa :D )

Yang di sebelah bakul nasi sebelah kiri depannya kepiting.

Keka gak terlalu mencicipi kuahnya. Hanya isinya berupa jamur dan beberapa sayuran. Mami Riku, Mama Nizam dan yang lain sepakat bilang rasanya enak. Aduh nyesal juga gak terlalu ngerasain kuahnya. Kuahnya lebih encer. Gak seperti Sapo Tahu yang sering Keka makan. Lebih terlihat seperti sup-sup ala Indonesia. Sepertinya mengadaptasi resep masakan nusantara, bukan ala Chinese.


Fuyunghai Seafood


Ini ENAK! Serius. Seger banget saosnya. Asam asam manis gitu deh. Ada campuran nanasnya. Rasanya unik. Dan kalo datang ke tempat ini lagi, Keka akan memesan ini. Harganya pun cukup murah. Porsinya besar menurut Keka. Dimakan 2 - 4 orang juga bisa.


Cumi Bakar dan Capcay Kuah Seafood

Maap takada gambarnya. Fotographer-nya lupa moto :D

Untuk cumi bakar pesanan Mami Riku, cukup mengecewakan. Masnya bilang bisa dimakan sampai 3 - 4 orang, eh sekalinya untuk lambung Mami Riku aja gak cukup. Cuminya juga lumayan keras. Kata mami seperti makan ban, dan bumbunya kurang terasa.

Capcay Kuah Seafood pesanan Keka juga tidak memuaskan. Seperti makan sayur bening rasanya. Mana seafoodnya halus-halus bener. Bukan makanan yang akan Keka pesan lagi kalau makan di sini lain waktu.

Yak, segitu aja untuk review makanannya.

Oya tambahan...
Keka suka sambal mangganya. Enakkkkkkkkkkkkk.....
Rasanya pengen minta satu cobek, trus Keka bawa pulang sekalian cobek-cobeknya :D


Kesimpulannya:
- Tempat: nyaman, adem, enak berlama-lama tanpa harus bosan menunggu tersajinya makanan yang lamanya bisa sampai 45 menit hingga 1 jam. Rating 4.5 dari 5.
- Pelayanan: cukup baik. Mas-masnya tangkas dan cukup ramah senyum. Hanya saja kurang peka. Kudu kita bilang dulu, 'mas, piring dan sendoknya kurang' baru deh masnya ujug-ujug ngambilin piring sama sendok dan garpu. Rating 4 dari 5.
- Rasa: enak untuk beberapa jenis makanan. Tapi terasa biasa saja untuk makanan yang lain. Rating 3.5 dari 5. Lain waktu mungkin Keka akan mencicipi makanan lain biar bisa memberi penilaian yang relevan berhubung menu yang ditawarkan sangat banyak dan bervariasi.
- Harga: relevan sih, tapi terasa seperti jebakan betmen. Berhubung di daftar menu gak tertera harganya. Buat yang pertama kali masuk, kudu hati-hati memilih jenis makanan. Kalau mau muka tembok sih, tanya aja satu-persatu harganya :D makanan seafood seperti kepiting, cumi dan mungkin jenis ikan seperti kakap, trakulu dan kawan-kawannya, dibandrol dengan harga cukup mahal. Wajar sih, karena bahannya pun mahal. Rating 3 dari 5.


Sebagai penutup, Keka tambahkan foto-foto ya.....^^





Waiting for sunset.....

took by -Keka-



Some photos by Dewi.

Thank you for reading m(_ _)m

0 comments:

Post a Comment