Sunday, May 24, 2015

Tsukasa Mogamigawa: 1st Enka Single

Bagi yang udah kenal saya dari jaman jebot, jaman dimana saya dulunya ngeblog di Multiply yang sekarang sudah tutup usia, pasti kalian tau deh kalo saya ini demennya sama om-om pemusik asal negeri sakura. Umumnya saya suka gitaris, tapi seringnya kecantol sama om-om drummer. Biasanya si drummer saya liat belakangan, fokus saya biasanya ke gitaris.

Tapi masalah ngefans sampe yang kebawa-bawa mimpi, kebayang-bayang pas ngeden makan, keinget-inget pas di kendaraan, anehnya justru sama drummer.

Awal mula kenal the GazettE satu dekade yang lalu, saya juga ngefansnya sama Uruha. Tapi karena terlalu cantik, akhirnya saya ngefans Reita. Asik gitu gayanya. Bosen sama Reita, banting stir ngefans Ruki karena dia masokis *dislepet*

Ujung-ujungnya saya malah gak ngefans mereka semua dan malah cinta gak karu-karuan sama drummernya yang bertampang gundah gulana kalo pose sok melo.


Yup.
Kai. Padahal dulu mah boro-boro ngelirik Kai, kalo liat poster bandnya aja saya gak nyadar kalo Kai ada disitu. Pesonanya cuman keluar kalok dia senyum atau ketawa lepas. Tau sendiri dong degajet kalo sesi poto untuk promosi album/single atau apalah yang mereka jual, selalu pasang pose dan gaya yang gitu-gitu aja mulu... sok-sok misterius gitu dan penerangan ala kadarnya kayak gak bisa bayar listrik.

Sekali-kali mungkin mereka perlu bikin alter band juga kayak Sendai Kamotsu-nya Naitomea biar fresh juga kesannya. Asal jangan Kai aja yang dibego-begoin kayak Chiba.

Eh, ngomong-ngomong ini sebenarnya saya mau bahas musik Enka, kenapa malah gak karu-karuan gini pembukanya??

Ok, kalian tau Enka?

Kalo di Indonesia kayak keroncong gitu kali ya.

Katanya sih musik orang tua. Yang nyanyi kebanyakan orang tua juga kali ya. Gak tau juga sik.

Dulu kalo dengar musik jenis ini, bulu roma langsung mendadak berdiri. Ihiiiyy..

Tapi sekarang malah jadi demen. Tau kenapa?

Karena 'crush' saya membuka lebar sayap musiknya ke jalur enka.



Doi punya ambisi sejak dulu emang pengen jadi penyanyi enka pro. Sedari kecil juga sudah akrab sama lagu-lagu enka. Gedenya jadi sama kayak anak-anak cowo kebanyakan, pengen punya band rock. Bersama teman-teman sebayanya, dia bikin band. Jelas band Visual Kei. Sebagian anak-anak cowo Jepang percaya kalo ngeband dengan tampilan polos cuman pake kaos dan jeans belel itu gak keren. Kudu banget deh kostumnya aneh-aneh dan mukanya dianeh-anehin dulu.

Band yang dia bentuk bertahan lebih dari satu dekade lebih dikit. Solid. Dibanding band-band VKei kebanyakan, band dia gak ada tuh bongkar pasang personil. Awet dan mesra. Tapi sayangnya gak selamanya mereka bisa merasakan kemesraan itu. Pokalis band mereka jatuh sakit yang menyebabkan si pokalis andalan ini  dan sudah jadi trademark band tersebut  harus istirahat total dari menyanyi.

Si pokalis alih profesi jadi tukang desain, lalu belakangan sempet memproduseri band VKei juga. Sementara teman-temannya yang lain tetap di jalur musik. Sayangnya, setelah mereka misah-misah gitu  kecuali si drummer yang masih nempel sama si bassist di band yang sama  saya jadi gak begitu menaruh minat pada band-band mereka yang sekarang. Masih ngefans sih, tapi males dengerin lagu mereka aja. Saya hanya setia mendengar lagu band lama mereka sembari nunggu keajaiban mereka balikan lagi.

Mungkin karena itu juga, crush saya, si drummer mendadak punya feeling aneh, nyadar banget kalok binik jauhnya ini udah gak selera dengerin dia ngedrum di band lain. Jadi dia mutusin solo karir aja. Nyanyi enka deh.

Gak mungkin lah dia jadi pokalis band VKei juga. Ngebayangin dia growl aja udah geli. Pasti suara growl-nya meliuk-liuk kayak cacing sun bathing.

Sebelum dilirik label mayor, om Tsukasa ini udah rilis single indie. Dua lagunya dalam single indie pertama ini sama-sama dijagokan.

Tapi lagu berjudul "Matsu Poi Yo" dalam single tersebut punya magnet tersendiri, layaknya lagu-lagu Peterpan atau NOAH band gitu yang gampang diingat dan gampang dinyanyiin walaupun yang nyanyi cuman bisa ngulang-ngulang di bagian reff-nya doang :v

Single indie pertama tersebut kemudian dirilis lagi secara mayor oleh Universal Music Japan.

Single: Matsupoi yo (まつぽいよ)
Release date: June 10th 2015

Tracks Limited Edition (CD + DVD):
[CD]
1. MATSUPOIYO (まつぽいよ)
2. DIGITAL BOJOU (デジタル慕情)
3. KITASAKABA (北酒場)
4. MATSUPOIYO (まつぽいよ) -KARAOKE VERSION-
5. DIGITAL BOJOU (デジタル慕情) -KARAOKE VERSION-
6. KITASAKABA (北酒場) -KARAOKE VERSION-
[DVD]
TBA

Price: 1852 Yen (excl. tax)


Tracks Regular Edition (CD):
1. MATSUPOIYO (まつぽいよ)
2. SAKURANBO KOIUTA (さくらんぼ恋唄)
3. KITASAKABA (北酒場)
4. MATSUPOIYO (まつぽいよ) -KARAOKE VERSION-
5. SAKURANBO KOIUTA (さくらんぼ恋唄) -KARAOKE VERSION-
6. KITASAKABA (北酒場) -KARAOKE VERSION-

Price: 1157 Yen (excl. tax)



Gak begitu mahal harganya. Pengen order yang regular aja karena suka lagu SAKURANBO KOIUTA. Itung-itung mensupport om Tsukasa biar terus berkarya.

Oya, yang penasaran suaranya... bisa cus nih nonton preview PV dari lagu MATSUPOIYO.



Keren yak suaranya!? :v

0 comments:

Post a Comment