Tuesday, June 11, 2013

Culinary: de cafe

Sepanjang perjalanan mencicipi aneka kuliner di Balikpapan, Keka dan teman-teman gath mengeruk kantong paling dalam di tempat ini. Oh, tapi bisa jadi (mungkin) akan lebih dalam kalau kami (suatu hari nanti) memutuskan gath di Beach House atau Open House (serius! kami masih gak berani ke dua tempat itu) atau resto-resto di hotel (option terakhir rasanya sih engga, karena pada gak demen konsep resto di hotel).

Tujuan postingan ini bukan untuk pamer loh ya... padahal iya juga #plak

Keka hanya suka menulis, dan berharap semoga postingan blog ini bisa jadi panduan atau sekedar acuan atau menarik minat orang-orang yang membaca untuk pergi ke tempat yang Keka bicarakan.

Nah, daripada kebanyakan basa-basi yang bikin basi, di postingan kali ini mungkin akan lebih banyak foto-foto karena Keka gak mencicipi semua menu yang kami pesan. Hanya menu yang Keka pesan, dan menu mami Riku doang yang Keka kecap-kecap dan kunyah :3

de cafe ini memiliki manajemen yang sama dengan hotel Blue Sky Balikpapan, jadi wajar kalau harganya standar harga makanan resto hotel T_T

Menempati kawasan ruko sehingga tempatnya tidak terlalu luas. Dari luar hanya seperti toko bakery, tapi begitu masuk ke dalam agak lebih luas dan nyaman. Konsepnya rada-rada kayak cafe-cafe ala Eropa gitu. Ada hiasan tanaman-tanaman palsu, bunga, penerangan yang hangat, kursi berlengan dan sofa yang empuk, lalu tirai-tirai.






Kisaran Harga

Gak semua Keka jepret, tapi yang ini cukup mewakili deh...

Dimsum

Indonesian Food
Soup Buntut berkisar 100an ribu
Bisa dimakan satu keluarga kecil sepertinya



Pilihan untuk Japanese Food gak terlalu banyak, tapi sudah lebih dari cukup untuk resto yang menawarkan aneka masakan. Harga juga lebih bersahabat. Dari IDR 35K hingga 89K.




Western food seperti steak lebih mahal lagi (kejepret daftar menunya, tapi maap, kabur gambarnya :p ) berkisar 80an hingga 100an ribu.

Untuk harga minuman bervariasi. Mulai dari belasan ribu hingga 60an ribu.

Ice green tea Keka ini harganya 12an ribu :D


Di dalam teko kecil putih itu ada cairan pemanis yang terpisah, jadi bisa diatur rasa manisnya.

Kalau minuman yang seperti di bawah ini... harganya 20an ribu....


Minuman termahal di pesan oleh Mama Nizam. Yaitu Manggo Passion. Harganya IDR 62.8K :D
Harga minumannya sama dengan harga makanan, tapi gelasnya bukan sembarang gelas, bisa diminum untuk 3 hingga 4 orang :D


Pembuka hidangan: Chocolate Swiss (IDR 15K/slice)

Lembut dan enak, tapi enek kalau banyak :D

Beberapa menu hidangan utama yang kami pesan...


Soup Iga. Suka. Segar dan bumbunya terasa. Bisa dimakan oleh 2 hingga 3 orang (tergantung perutnya). Harga IDR 89.8K (incl. nasi untuk 1 orang, kerupuk emping dan pelengkapnya)



Tempura Teishoku (IDR 55.8K). Incl. nasi, buah, dan soup (Miso sepertinya). Terdiri dari tempura udang dan sayur. Kecewa karena lebih banyak tempura sayurnya (wortel, daun bawang, terong, bawang bombay). Bukan karena Keka gak suka sayur, tapi yah... untuk harga 50an ribu, Keka sih ngarepnya bisa dapat tempura cumi atau gurita juga :v

Mami Riku sudah semangat minta tempura yang seperti gelang. Keka juga ngiranya itu tempura cumi, ternyata itu tempura bawang bombay yang bikin mami Riku alergi. Haha..

Soup Miso(?)nya, sesuai dengan lidah orang Indonesia. Pernah makan Miso waktu jalan-jalan di Grand Indonesia, Jakarta. Gak suka :| tapi yang ini lebih menyesuaikan dengan lidah pribumi. Aromanya seperti aroma ikan Cakalang.



Ayam goreng ala ayam penyet. Entah bagaimana rasanya. Kata Emiru, sambalnya gak nampol dan ayamnya ketjil sekali kakakkkkk... :D

Yah, ayam kampung sih ^^

de cafe Bento Special (IDR 68.8K). Tempuranya sama seperti tempura Teishoku yang Keka pesan. Menurut Keka rada hambar, dan kulit tempuranya gak crunchy. Entah bagaimana rasa chicken katsu dan sayur oseng(!?)nya.

Favorit Keka dari semua menu adalah yang ini.........


California Roll Rice (IDR 48.8K). Dalam gulungannya terdiri dari telur ikan terbang, nasi Jepang, Nori (rumput laut), dan ikan (sepertinya Tuna) yang dimasak (untung gak mentah. Masih gak bisa makan ikan mentah :D ). Seharusnya ada alpukatnya. Tapi Keka gak bisa ngebayangin gimana rasanya kalau dikasih alpukat lagi. Apalagi Keka gak suka alpukat, jadi Keka pesan tanpa alpukat.

Rasanya manis-manis gurih gitu deh. Gak amis sih buat Keka. Makin nikmat saat ditotol ke shoyu (kecapnya), tapi Keka mengabaikan wasabi-nya. Gak doyan sih :D

Masih ada menu spaghetti-nya acil Rhe, tapi Keka lupa moto dan gak nyicip juga :D

Jadi yah, cukup segini deh.

Kesimpulan: 
Tempat: meski resto indoor bukan favorit Keka, tempatnya tidak luas, tapi di dalamnya sangat nyaman, . 4.5 dari 5.
Pelayanan: cepat dan mas pelayanannya dengan senang hati menyanggupi permintaan kita untuk difoto-foto :D 4 dari 5.
Rasa: Sesuai harga, meski kalau mau dibanding-bandingin sih... masih banyak resto/tempat makan yang punya rasa lebih enak dan lebih murah ^^ 3.5 dari 5
Harga: porsi besar-besar, tapi tetap saja harga masih melambung tinggi dan tidak cocok untuk menengah ke bawah ^^ 2 dari 5. Tapi harga bakery-nya bersaing. Cake-cake-nya cantik, menggiurkan, rasanya lezat, dan harganya hanya sedikit lebih mahal. 3.5 dari 5.


Seperti biasa, penutup postingan ini adalah foto-foto para penggila kulinernya.

Btw, anggota gath kami nambah 1 lho....

Nizam & mommy & aunty :*
jeunk Dewi
Acil Rhe & Emi
I know you know who is this...

Anyway, tema outfit untuk gath kali ini adalah polkadot, dan Keka maksa menggabungkan polkadot dengan blazer garis-garis :D
muka makin buyett

Mami Riku pusing mikirin bill-nya
Jeunk Dewi sibuk sama kameranya

Berdiskusi pembayaran makan

Cukup! Sampai jumpa ya di next gath berikutnya (host: Emi; tema outfit: masih mikir-mikir; tempat: masih mikir-mikir juga   kalau bisa yang murah katanya), gath terakhir sebelum tidak ada kegiatan gath selama Ramadhan dan libur Hari Raya. Kami tidak berencana mengadakan gath buber karena buber lebih banyak mengganggu kegiatan ibadah (Terawih) yakan!? ;)

Ps:
Alamat de cafe:  Jl. Jend. Sudirman Blok A No. 11, Ruko Bandar Klandasan, Balikpapan.

2 comments:

tika said...

keknya memang cocok buat makan 3-4 orang yah ?
klo 2 orang kebanyakan kali yah
dah gitu haranya itu...... aaaaahh mehoooll ;___;

Kyrie Keka said...

Iya, menu seperti sop buntut, sop iga gitu bisa dimakan 3-4 org. Minuman yg ada passion2nya juga bisa buat 3-4 org, tapi emang mahalnya kebangetan :|

Post a Comment