Friday, September 14, 2012

Ipernity: Penjelajahan Pertama

Sejak Multiply memberi pengumuman yang cukup mendadak seputar akan ditutupnya social media untuk para blogger di site tersebut, para blogger yang sudah betah menghabiskan waktu di sana tampaknya terus mencari social media lain yang mirip seperti Multiply. Bahkan sepertinya yang merasa terusir pada tergerak untuk membuat Multiply generasi terbaru (ya op kors namanya bukan Multiply kaleekk.. tapi mungkin konsepnya mirip. Denger-denger sih begitu...)

Lalu beberapa hari yang lalu, Keka mendapat bisikan dari rekan-rekan teman online di group FB 'Teman Multiply', membicarakan sebuah situs social media yang.... sebelas duabelas deh seperti Multiply. Namanya adalah ipernity. Keka pikir ini situs socmed baru, nyatanya situs ini sudah ada sejak 2007. Heran aja karena Keka gak pernah dengar sama sekali (bahkan dalam mimpi :D ). Nah makanya, iseng Keka mendaftar.




Buat Keka yang sudah sering mendaftar di aneka media blogging dan social network, dari yang bahasanya dimengerti sampai yang gak begitu dimengerti (sebut saja misalnya ameba.jp dan syncl.jp), mendaftar di ipernity bukanlah perkara yang rumit. Sambil tutup satu mata juga bisa, sambil kayang atau nungging pun juga jadi. Gak nyampe 5 menit pun sudah selesai mendaftar. Kalah tuh lagu dangdut yang judulnya '5 menit lagi'.

Setelah dapet akses untuk masuk ke dalam, Keka sih gak begitu antusias ya...

Pengen sih menyertakan gambar-gambar yang lebih banyak mengenai bagaimana keadaan di dalam situs ini bila kita sudah terdaftar sebagai user. Tapi maaf aja, Keka lagi kena virus males. :D

Keka jabarkan aja dengan kata-kata dan sedikit screenshot, apa yang Keka dapat dalam penjelajahan pertama ini. Mungkin ada kekeliruan sih, jadi bila kurang tepat, mohon dibenarkan saja bagaimana seharusnya.


1. Tampilan kurang menarik
Terlalu sederhana. Warnanya juga putih abu gitu kayak suram :D
Tapi jangan kuatir sih. Tampilan home bisa di-customize warnanya. Bisa dikasih background juga.

Lihatlah bagaimana tampilan home Keka ini....

Ini tampilan home jika Keka yang melihat




Sedangkan ini tampilan home jika orang lain yang melihat.


Apakah mengingatkan kalian pada MySpace?? atau Friendster barangkali?? :D



2. Awalnya rada bingung kalau mau kembali ke 'Home' kudu ngeklik apa??
Sampai Keka pake cara manual dengan ngetik 'ipernity.com' di browser :D

Sekalinya cukup mengklik avatar kita aja :D
Atau scroll ke bawah di bagian footer ada tuh tulisan 'home' di bagian My Space.




3. Blog gak bisa diutak-atik
Theme-nya maksud Keka. Entah Keka yang belum ngerti caranya atau bagaimana.... tapi tampilan blognya 'kering' sekali. Warna putih-abu dan gak bisa ditambahin widget sepertinya. Padahal kesenangan ngeblog itu adalah kalau theme blognya bisa dimacem-macemin sesuai karakter orang yang ngeblog. Betul!?


4. Upload document yang mudah sekali
Tidak seperti Multiply, upload foto ada di bagiannya sendiri, upload video juga begitu, upload musik pun demikian. Jika di ipernity, cukup klik upload, kamu bisa upload foto atau upload video, atau upload music. Dan bisa sekaligus banyak jika upload foto. Seperti Keka ini. Ceritanya testing, eh maruk malah ngupload 192 gambar sekaligus :))

Tapi sayang, kuota per 1 bulan dibatasi hanya 200 MB :(

5. Restricted viewing
Sama seperti Multiply. Postingan bisa diatur untuk di-view oleh family, friends, networks, or public.

6. Viewing history & who's online
Bisa keliatan tuh siapa-siapa aja yang mengintip atau mengunjungi ipernity kita (ini bener-bener mengingatkan Keka pada friendster). Bisa ketahuan juga siapa network atau kontak kita yang sedang online.

7. Tidak ada subdomain
Jadi tidak seperti Blogspot atau WordPress atau Multiply, dll yang mengijinkan kita memiliki subdomain sendiri seperti misalnya kyrieka.blogspot.com, nah di ipernity gak ada tuh yang begitu. Kita hanya dikasi link alias, dalam artian... link tersebut hanya redirect untuk menuju link homepage ipernity kita yang agak susah diingat.

Jadi link alias ipernity Keka adalah kyrieka.ipernity.com. Nah jika meletakan dan menelusur link itu di browser, linknya akan ke redirect ke www.ipernity.com/home/kyrieka.


Untuk sementara segini dulu penjelajahannya. Keka sudah ngantuk. Kalau gak malas akan Keka jelajahi lagi lain waktu. G.nite~~

4 comments:

rhea said...

udah bikin ka.. dan masih bingung.
:D

anggong said...

aaaa kekaaaa bekgronnya gw bangeeeet~!! *lupaakantujuansemula*

Kyrie Keka said...

apa namanya cil?
add add-an dulu kita :D

Kyrie Keka said...

bekgron yg mana?
iya nih lg suka ungu, dan jingga ke pinku-pinkuan :D

Post a Comment