Wednesday, November 7, 2012

(Bukan) Tips Diet

Tapi Insya Allah bikin kita gak makin gendut dan berat sehat kita tetap terjaga ;D

Ini sih menurut Keka. Karena setahun belakangan ini -kebetulan- pola hidup (terutama makan) Keka seperti ini, berat Keka gak naik-naik. Pengen sih nurunin sekitar 3 atau 4 kg lagi. Tapi Keka suka pusing kalo makin turun lagi dari ini.

Nah, pengen gak gendut? semoga tips-tips ini bisa membantu ^^


Pagi hari
- Minum air putih
Begitu bangun tidur, usahakan minum air putih. Air hangat lebih bagus. Banyaknya sekitar 2 gelas. Keka sih umumnya antara 200 - 400 ml. Gunanya? Pastilah untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan umm... ini tips biar gampang b*ker di pagi hari sih. *nyengir*

- Sarapan
Keka termasuk yang gak doyan dan terbiasa sarapan. Kalau kalian setipe dengan Keka ya gampangnya... minumlah sesuatu yang manis. Seperti teh manis atau susu. Sisipi juga dengan makanan yang tidak terlalu berat. Kalau Keka demennya makan roti gandum. Karena roti gandum lebih berserat dan bikin Keka kenyang. Bisa juga makan sereal gandum sama susu.

- Olahraga kecil
Gak usah yang berat-berat. Pemanasan aja atau peregangan biar lebih seger. Kalau Keka sih diawali sholat subuh, sujudlah lebih lama dijamin seger. Abis itu melakukan pekerjaan rumah, tapi seringnya Keka malah ketiduran lagi haha... maklum tukang tidur :D Jam enam lewat baru bangun lagi, masak dan kadang nimba air :D

Siang hari
- Makan siang dengan porsi pas
Menurut Keka, kalau makan siang itu porsinya gak usah didikit-dikitin. Makan aja sesuai porsi kita. Karena kalau kelaparan efeknya menghantam di makan malam yang katanya bikin gendut itu. Kalaupun ada yang mau dikurangi, kurangi di nasi. Kalau Keka dari dulu memang udah demen dan kebiasan makan dengan nasi yang gak terlalu banyak tapi sayur dan lauknya banyak :D

Kalau mau diet, ya sayurnya aja yang dibanyakin. Usahakan di menu makan siang kalian ada sayur. Oh iya makan nasi merah noh. Kalo makan nasi merah itu bawaannya cepat kenyang.

Ini perbandingan menu makan Keka dan Tukinem. Keka kiri, Tukinem kanan (pake nasi merah). Si Tukinem lagi diet, tapi makan siangnya tetap banyak tuh, malah pake daging :D




- Pengaturan pola ngemil
Ini bagian yang susah dihilangkan. Pengen ngecap terus bawaannya. Usahakan aja ngemilnya adalah ngemil buah atau sesuatu yang lebih mengandung serat. Jangan ngemil ayam goreng ya.... :D dan ngemilnya antara waktu makan pagi dan makan siang (sekitar jam 9 - 10) dan sore hari (sekitar jam 3 - 4). Jangan ngemil di malam hari!

Malam hari
- Makan malam
Kalau mau diet, sebaiknya memang menghilangkan bagian ini. Tapi kalaupun gak bisa, makan lah di bawah jam 8 malam. Kalau Keka umumnya habis maghrib. Banyakin makan di sayur aja biar tetap merasa kenyang. Kalau gak makan malam, ganti aja dengan minum susu biar tidurnya nyenyak. Kualitas tidur yang bagus bikin kita tetap sehat.

- Tidur jangan kemalaman
Usahakan sebelum jam 11 malam :)


Kayaknya segitu aja. Tambahannya mungkin olahraga. Jujur aja Keka gak rajin olahraga sih :D mungkin lebih digabung sama aktivitas aja olahraganya.

Tambahan lainnya. Minum lemon tea anget. Atau teh dikasi lemon/jeruk nipis. Gak pake gula lebih bagus.

Semoga membantu ;)

0 comments:

Post a Comment