Tuesday, November 6, 2012

Today's Bento: Omurice

Omurice (omuraisu / omelet rice) adalah makanan rumahan orang-orang Jepang. Terbuat dari bahan dasar telur dan nasi. Yup, sebenarnya ini adalah nasi goreng yang dibungkus telur kalau Keka menerjemahkannya menjadi makanan Indonesia.

Cara buatnya sih gampang. Berhubung Keka hanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, jadi Keka membuat nasi goreng biasa yang ditambahkan dengan wortel, kentang, daun bawang, bawang bombay, dan irisan cabai merah besar. Untuk bumbunya hanya bawang putih, garam, dan sedikit merica.

Sedangkan bahan yang Keka lihat di resep-resep luaran sih gak pake kentang sama daun bawang. Tapi pake kacang polong, jamur sama bahan-bahan lain yang Keka gak tau apa itu 


Begitu nasi gorengnya sudah jadi, nah tinggal di dadar telurnya di atas teflon yang berukuran agak besar. Lalu nasinya diletakkan di tengah telur dadar kemudian ditambahkan parutan keju cheddar dan bungkuslah nasgor itu dengan telur dadarnya. Jadi deh. Simple banyett.

Tapi berhubung Keka cuma punya teflon kecil, dan gak punya keju cheddar, omurice Keka gagal deh :

Apalagi karena maruk, Keka masukin banyak betul nasinya sampai gak bisa dibungkus. 

Haha.. terus jadi agak gosong.

Ini dia....




Berhubung Keka gak terlalu suka makan nasi goreng siang-siang, jadi Keka tetap menyertakan nasi putih. Lagian nasi di dalam mini omurice-nya ntuh gak mengenyangkan sih (baca: kurang banyak ^^ ). Itu juga ada ayam goreng, sambal, rebusan sawi dan kentang, juga potongan nanas.

Ternyata Keka gak suka rebusan sawi dan kentangnya. Tapi daripada mubazir, tetap Keka habisin sih 

Untuk resep versi Keka, kayaknya nanti aja disertakan kalau Keka udah benar-benar berhasil bikinnya.

Happy weekend!

0 comments:

Post a Comment